Tokyo: Toyota kembali melakukan pengembangan untuk model GR Yaris dan GR Corolla. Kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut mempersiapkan transmisi matic (otomatis) untuk menjadi pilihan konsumen kedua mobil tersebut.
Transmisi yang digunakan ini masih menggunakan torque converter 8-percepatan otomatis. Perubahan transmisi jelas akan berpengaruh terhadap desain tuas di konsol tengah, serta penambahan paddle shifter di balik lingkar kemudi.
Teknologi yang digunakan kemungkinan akan seperti milik BMW yang sudah mengembangkan torque converter dengan proses kerja secepat kopling ganda, namun dengan perpindahan gigi yang mulus.
Keduanya diperkirakan akan mendapatkan transmisi matic ini pada tahun 2024. Sejauh ini, para insinyur di Jepang sudah melakukan uji coba di Gazoo Rally Challenge untuk melihat serta mengecek batas ketahanan transmisi yang akan digunakan.
Chief Engineer GR Corolla, Naoyuki Sakamoto, menjelaskan ada perbedaan sepersekian detik saat melakukan shifting antara manual dengan automatic.
"Tapi kami sedang melakukan pengembangan motorsport, jadi kami sedang memeriksa transmisi otomatis dengan GR Yaris (untuk) mengetahui masalah apa pun dan poin apa pun yang perlu ditingkatkan untuk kancah olahraga motor. Kemudian setelah itu kami akan membuatnya menjadi produksi," jelas Naoyuki Sakamoto.
Untuk versi yang saat ini dirilis, GR Yaris dibekali dengan transmisi manual enam percepatan dengan mengusung teknologi Intelligent Manual Transmission (iMT). Sementara untuk GR Corolla, pabrikan juga menyematkan komponen yang sama dengan GR Yaris yakni transmisi manual enam percepatan.
Tokyo: Toyota kembali melakukan pengembangan untuk model GR Yaris dan GR Corolla. Kali ini, pabrikan asal Jepang tersebut mempersiapkan transmisi matic (otomatis) untuk menjadi pilihan konsumen kedua mobil tersebut.
Transmisi yang digunakan ini masih menggunakan torque converter 8-percepatan otomatis. Perubahan transmisi jelas akan berpengaruh terhadap desain tuas di konsol tengah, serta penambahan paddle shifter di balik lingkar kemudi.
Teknologi yang digunakan kemungkinan akan seperti milik BMW yang sudah mengembangkan torque converter dengan proses kerja secepat kopling ganda, namun dengan perpindahan gigi yang mulus.
Keduanya diperkirakan akan mendapatkan transmisi matic ini pada tahun 2024. Sejauh ini, para insinyur di Jepang sudah melakukan uji coba di Gazoo Rally Challenge untuk melihat serta mengecek batas ketahanan transmisi yang akan digunakan.
Chief Engineer GR Corolla, Naoyuki Sakamoto, menjelaskan ada perbedaan sepersekian detik saat melakukan shifting antara manual dengan automatic.
"Tapi kami sedang melakukan pengembangan motorsport, jadi kami sedang memeriksa transmisi otomatis dengan GR Yaris (untuk) mengetahui masalah apa pun dan poin apa pun yang perlu ditingkatkan untuk kancah olahraga motor. Kemudian setelah itu kami akan membuatnya menjadi produksi," jelas Naoyuki Sakamoto.
Untuk versi yang saat ini dirilis, GR Yaris dibekali dengan transmisi manual enam percepatan dengan mengusung teknologi Intelligent Manual Transmission (iMT). Sementara untuk GR Corolla, pabrikan juga menyematkan komponen yang sama dengan GR Yaris yakni transmisi manual enam percepatan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(ERA)