Nissan berencana mematikan Datsun untuk memulihkan penjualannya. Medcom.id/Ekawan Raharja
Nissan berencana mematikan Datsun untuk memulihkan penjualannya. Medcom.id/Ekawan Raharja

Nissan Ingin Matikan Datsun di Indonesia?

Otomotif industri otomotif nissan datsun
Ekawan Raharja • 26 November 2019 11:15
Yokohama: Senjakala merek Datsun tampaknya sedang membayangi pasar otomotif Indonesia. Nissan sebagai induk Datsun berencana untuk mengakhiri merek tersebut dan fokus kepada mobil-mobil Nissan sebagai penjualan utamanya.
 
Dikutip dari Reuters, Nissan berencana untuk meningkatkan pendapatannya yang mulai menurun dan memulihkan perusahaannya. Disebutkan bahwa rencana ini adalah bagian untuk kembali menyehatkan performa penjualan merek asal Jepang itu.
 
Krisis ini dialami Nissan setelah mantan CEO Nissan, Carlos Ghosn ditangkap karena pemalsuan laporan keuangannya. Kasus ini kemudian membuat hubungan dengan Renault sebagai aliansinya memanas, dan menuju laba operasi terendah dalam 11 tahun belakangan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Laporan yang disusun oleh media luar negeri itu menyebutkan operasi Datsun di negara-negara dengan market yang tidak terlalu besar seperti Indonesia, Afrika Selatan, Rusia, dan India menjadi permasalahan juga. Mengingat di negara-negara itu Nissan juga menjual mobil dengan mereknya dan menggerogoti penjualan.
 
Sebagai contoh di Indonesia, merek Datsun mendapatkan sambutan yang baik di awal kemunculannya pada 2014. Datsun perlahan mulai memakan penjualan Nissan. Merek yang bermarkas di Yokohama tersebut merasa ini tidak bisa dilanjutkan dan harus memilih salah satunya.
 
Kini diperkirakan Nissan sedang memfokuskan penjualannya di Amerika Serikat sebagai pasar terbesarnya dan Tiongkok sebagai pasar otomotif terbesar sekarang ini. Sehingga menumbalkan Datsun demi kembali menyehatkan Nissan tampaknya akan dilakukan, termasuk operasinya di Indonesia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif