Jika remote mobil kehilangan kendali dan alarm berbunyi, alarm bisa dimatikan secara manual. Medcom.id/Ekawan Raharja
Jika remote mobil kehilangan kendali dan alarm berbunyi, alarm bisa dimatikan secara manual. Medcom.id/Ekawan Raharja

Penyebab dan Solusi Remote Mobil Bermasalah

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 14 November 2019 11:35
Jakarta: Remote mobil saat ini sudah jadi fitur standar mobil keluaran terbaru. Fungsinya pun beragam, mulai dari membuka kunci mobil hingga mematikan alarm mobil. Namun tidak jarang remote kehilangan kendali dan alarm pun meraung dengan sendirinya.
 
Untuk beberapa jenis mobil dapat diakali dengan cara mudah. Pengemudi tidak perlu panik jika alarm mobil hidup dengan sendirinya dan remote kehilangan kendali atau tiba-tiba bunyi.
 
Dilansir dari Astraworld, pada mobil jenis multi purpose vehicle (MPV), alarm dapat dinonaktifkan dengan cara membuka pintu secara manual menggunakan kunci kontak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian masukan anak kunci ke lubang starter. Kemudian putar bolak-balik kunci kontak dari posisi ACC ke ON sebanyak 10 kali secara cepat dan konstan.
 
Sebelum berhenti berbunyi biasanya alarm akan berbunyi secara cepat kemudian berhenti. Setelah alarm berhenti berbunyi maka lampu kecil yang berkedip juga akan mati. Inilah indikasi bahwa alarm sudah berhasil dinonaktifkan.
 
Jika alarm sudah nonaktif, maka fungsi remote akan hilang. Setelah melakukan trik tersebut, disarankan mobil segera dibawa ke bengkel resmi agar fungsi remote dapat diaktifkan kembali.
 
Selain itu yang tak kalah penting adalah menjaga kondisi baterai remote mobil tetap prima, lantaran tak jarang pengemudi yang kurang perhatian terhadap hal yang satu ini. Pasalnya baterai remote yang lemah bisa menyusahkan saat kita beraktifitas.
 
Setidaknya ada beberapa ciri baterai remote mobil yang sudah lemah bisa dikenali. Pemilik mobil harus mengantisipasi agar tidak menyusahkan di kemudian kelak.
 
Ciri pertama baterai remote mobil akan habis dapat kenali melalui jarak pengoperasiaannya. Baterai remote mobil yang masih normal, memiliki jarak pengoperasian tak kurang dari 10 meter. Semakin lemah tegangan baterai, maka semakin dekat jarak pengoperasiannya.
 
Ciri yang lain adalah melemahnya lampu LED di remote mobil, seperti dikutip dari Astra World. Biasanya lampu ini menyala jika remote digunakan untuk membuka atau mengunci pintu, dan mematikan alarm.
 
Tidak ada salahnya menyiapkan baterai cadangan jika baterai di remote mulai berkurang dayanya. Berjaga-jaga jika remote mobil rewel dan memerlukan baterai baru.
 
Selamat mencoba...
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif