Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio mengalami recall karena stang seher. Daihatsu
Daihatsu Gran Max 1.5 dan Luxio mengalami recall karena stang seher. Daihatsu

Stang Seher Bermasalah, Daihatsu Recall Gran Max 1.5 & Luxio

Otomotif daihatsu recall mobil autogear
Ekawan Raharja • 01 November 2019 14:51
Jakarta: Daihatsu Indonesia mengumumkan program recall untuk Gran Max 1.5 & Luxio yang ada di Indonesia. Program perbaikan ini tidak terlepas dari indikasi permasalah yang terjadi di connecting rod (stang seher) yang dapat membahayakan penumpang saat perjalanan.
 
Tercatat Gran Max 1.5 (seluruh varian dan model) & Luxio produksi Maret 2018 - April 2019 wajib menjalani perbaikan ini ke bengkel resmi. Untuk kedua mobil ini, tercatat ada 36.915 unit harus segera melakukan perbaikan ke bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Gran Max 1.3 tidak mengalami permasalahan karena menggunakan mesin dan supplier komponen yang berbeda.
 
Service Parts Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi, menjelaskan bahwa setang seher yang menghubungkan piston dan crankshaft ini berpotensi retak dan bila dibiarkan maka bisa terjadi patah. Efeknya mesin mati karena piston tidak bergerak, dan membuat mobil kehilangan tenaga di jalan.
Stang Seher Bermasalah, Daihatsu Recall Gran Max 1.5 & Luxio
"Ini terjadi karena ada perubahan proses pembuatan stang seher, dan sudah ditemukan permasalahan di enam mobil," ungkap Anjar Rosjadi Jumat (1/11/2019) di Technical Training Center PT Astra Daihatsu Motor, Sunter, Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Daihatsu meminta kepada para konsumen untuk segera menghubungi dealer resmi dan menjadwalkan untuk dilakukan perbaikan. Untuk recall kali ini, untuk pergantian empat stang seher ini akan memakan waktu 14 jam karena terhitung proses turun mesin.
 
Konsumen tidak perlu khawatir untuk program recall ini karena tidak akan dikenakan biaya sepeser pun alias gratis. Selain itu, konsumen juga akan mendapatkan voucher paket ganti oli mesin gratis untuk servis selanjutnya.
 
"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan pelanggan terhadap Daihatsu, khususnya pengguna Gran Max dan Luxio. Program ini merupakan salah satu bentuk perhatian dan tanggung jawab kami dalam memastikan mobil yang sudah menjadi milik pelanggan pun tetap terjaga keamanan dan kenyamanan. Bagi pelanggan yang mobilnya termasuk dalam daftar program recall, silahkan bawa ke bengkel resmi terdekat," tambah Marketing Director PT ADM, Amelia Tjandra, di kesempatan yang sama.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif