Ferrari 488 Challenge memiliki banyak perbedaan dengan 488 GTB atau 488 Spider. Ferrari
Ferrari 488 Challenge memiliki banyak perbedaan dengan 488 GTB atau 488 Spider. Ferrari

Mobil Baru

Ferrari 488 Challenge Meluncur di Daytona

Ekawan Raharja • 09 Desember 2016 13:53
medcom.id, Daytona: Kejutan terjadi di final ajang Ferrari World di Daytona pada akhir pekan lalu. Di sini, si kuda jingkrak memperkenalkan 488 Challenge yang akan berlaga di Challenge Racing Series.
 
Supercar ini akan menggunakan mesin 3.900 cc berkonfigurasi V8 dengan tendangan tenaga 660 daya kuda. Sebagai gambaran, mobil ini sanggup melahap Sirkuit Fiorano dengan catat waktu 1 menit 15,5 detik, atau lebih cepat 1 detik dari 458 Challenge EVO.
 
Powertrain 488 Challenge dilengkapi dengan pemetaan mesin spesifik yang dioptimalkan untuk performa balapan serta rasio gigi yang lebih rendah. Manajemen torsi variabel telah dimodifikasi untuk mengingatkan pembalap agar menaikkan gigi saat melakukan akselerasi longitudinal. Hal ini dapat memaksimalkan karakteristik performa dari mesin turbo.

Transmisi F1 DCT menghadirkan strategi pemindahan balapan baru yang memungkinkan mobil ini untuk berakselerasi dari diam hingga putaran maksimum pada gigi keempat hanya dalam enam detik.
Ferrari 488 Challenge Meluncur di Daytona
Mobil ini juga dilengkapi fitur Slip Slip Control (SSC). SSC diintegrasikan dalam kontrol dinamika elektronik mobil dan telah terkalibrasi dengan kontrol traksi dan E-Diffs. Hal ini untuk meningkatkan kemampuan membelok, menikung, percepatan keluar dari tikungan, dan memastikan traksi maksimum terjadi secara menyeluruh.  
 
Perubahan paling terlihat dari 488 Challenge adalah aerodinamika. Rancangan radiator depan diatur ulang dengan membalik rake sehingga meninggi ke arah belakang. Solusi ini meningkatkan aliran udara ke radiator pada saat balapan. Sementara itu, pada waktu yang bersamaan mengurangi gesekan. Susunan yang baru memerlukan ventilasi baru di bagian bawah bumper di depan roda.   
 
Bumper depan telah dirancang ulang dengan sistem pemecah angin yang lebih jelas sehingga meningkatkan downforce dan menyeimbangkan beban bagian belakang.
 
Sementara itu, kap mesin depan dengan ventilasi tiga rangkap dan penutup yang terintegrasi untuk mengarahkan aliran udara panas dari radiator belakang. Untuk meningkatkan stabilitas pada kecepatan tinggi, 488 Challenge dilengkapi dengan sayap belakang yang lebih besar dibandingkan 458 Challenge.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(HIL)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan