Mobil Listrik

Produsen Sepeda Denmark Riset Mobil Listrik SIN

M. Bagus Rachmanto 09 November 2018 08:00 WIB
mobil listrik
Produsen Sepeda Denmark Riset Mobil Listrik SIN
Mobil listrik Biomega SIN. Carscoops
Denmark: Tren mobil listrik tak hanya dikembangkan oleh produsen otomotif saja. Produsen sepeda ternama Biomega pun mulai melirik dan merambah bisnis ini, dengan memperkenalkan crossover utility vehicle (CUV) bertenaga listrik yang dujuliki SIN. 

Dilansir Carscoops, penamaan SIN mencirikan visi perusahaan yang memberikan nama pada semua sepeda buatannya dengan singkatan tiga huruf. Desainnya terinspirasi dari kota-kota di Singapura. Produsen sepeda asal Denmark itu mengungkapkan, SIN sebagai inovasi sosial dan solusi mobilitas perkotaan pada industri otomotif. 

"Penelitian ini adalah langkah lain dan solusi bahan bakar terbarukan yang lebih ramah lingkungan untuk memerangi polusi udara," Biomega founder, Jens Martin seperti dikutip Carscoops.


Meski tidak terlihat seperti CUV, SIN digambarkan dan dirancang sebagai kendaraan yang dapat mengangkut penumpang dan barang dengan cara yang paling efisien, hemat waktu, biaya dan tenaga. 

Untuk mewujudkan itu, SIN menggunakan komponen dan material ringan. Sebagai contoh, kendaraan memiliki empat motor listrik independen yang dipasang di sisi luar roda. Selanjutnya, cangkang terbuat dari CFRP dengan aluminium crossbeams.

Pendekatan minimalis juga diterapkan pada desain di kabin yang lapang dan bentuk lantai yang rata, dengan empat jok penumpang seperti bus dengan ruang kaki yang luas. SIN juga memiliki jendela fascia depan untuk meningkatkan visibilitas. Solusi menarik lainnya adalah desain open-wheel SIN.

Berkat penggunaan material komposit ringan dan kemasan pintar, SIN memiliki bobot 950 kg (2,094 lbs). Itu termasuk paket baterai 20-kWh yang ikut mengurangi bobot kendaraan hingga 200 kg (440,9 lbs). Terletak di bawah lantai, baterai SIN memiliki sistem penukaran modular yang membantu menghemat daya.

Jangkaun SIN diperkirakan mencapai 160 km (99 mil). Untuk performa, motor listrik yang diusungnya menhasilkan tenaga 60kW (82PS / 81hp), dan torsi 160 Nm (118 lb-ft), yang membuatnya bisa melesat dari 0 hingga 100 km per jam dalam 13 detik dan. Kecepatan tertinggi tembus di angka 130 km per jam.

Biomega mengklaim SIN cocok untuk di perkotaan yang padat dan dapat diadaptasi untuk berbagai model bisnis, termasuk berbagi perjalanan atau penyewaan. Perusahaan memperkirakan akan memasarkan SIN pertama ke pasar antara 2021 dan 2023, dengan harga diproyeksikan sekitar USD22.950 atau setara dengan Rp344 juta.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id