Casan yang disediakan memiliki kapasitas 40 kWh sehingga bisa mengisi daya mobil 1,5-2 jam untuk terisi penuh. Medcom.id/Ekawan Raharja
Casan yang disediakan memiliki kapasitas 40 kWh sehingga bisa mengisi daya mobil 1,5-2 jam untuk terisi penuh. Medcom.id/Ekawan Raharja

Taksi Listrik Beroperasi, Ini Lokasi Pengisian Baterainya

Otomotif mobil listrik blue bird
Ekawan Raharja • 25 April 2019 07:44
Jakarta: Per Mei 2019, Blue Bird Group mulai mengoperasikan 29 unit taksi listrik di Jakarta. Kemudian jika taksi listrik ini sudah beroperasi, lantas dimana casnya?
 
Direktur PT Blue Bird, Adrianto Djokosoetono, menjelaskan saat ini pengecasan masih berada di pangkalan taksi Bluebird yang terletak di Kantor Pusat Blue Bird Group Jakarta. Total ada 11 casan, dan akan ditambah 2-3 unit dalam beberapa waktu ke depan.
 
"Kurang dari Rp40 miliar pengadaan semua ini, mobil termasuk 11 charger yang ada di sini (kantor utama Blue Bird Group). Jadi 29 unit ini awalan untuk menghitung kapasitas, jarak tempuh, biaya perawatan, dan hingga kapasitas baterai. Kita sengaja mengeluarkan dana research and development supaya bisa bekerja sama dengan pabrikan untuk bisa mendapatkan spesifikasi yang memungkinkan. Sehingga bisa dapat hitungan investasinya," ungkap Adrianto Djokosoetono di Kantor Pusat Blue Bird Group Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Taksi Listrik Beroperasi, Ini Lokasi Pengisian Baterainya
 
Perlu diingat bahwa Blue Bird Group mendatangkan 25 unit BYD e6 A/T untuk Bluebird dan 4 unit Tesla Model X 75D A/T untuk Silverbird. Kesemuanya merupakan mobil-mobil yang sudah mengusung teknologi full listrik, dan membutuhkan tenaga listrik untuk menghidupkan motor listrik sebagai sumber gerak mobil.
 
Adrianto Djokosoetono memastikan bahwa soket listrik di mobil juga sudah diatur sehingga cocok dengan 11 casan yang sudah disediakan. Casan yang disediakan memiliki kapasitas 40 kWh sehingga bisa mengisi daya mobil 1,5-2 jam untuk terisi penuh.
 
Konsumen taksi listrik juga tidak perlu khawatir kalau mobil ramah lingkungan yang ditumpanginya tidak bisa mengakomodir perjalanannya. Sebagai contoh Model X 75D yang digunakan mengandalkan baterai menggunakan ukuran 72,4 kWh yang diklaim bisa menempuh jarak hingga 355 kilometer. "Jarak 350 - 400 kilometer cukup untuk mencover jarak tempuh kami di Jabodetabek," tambah Adrianto Djokosoetono.
 
Taksi Listrik Beroperasi, Ini Lokasi Pengisian Baterainya
 
Di saat peluncuran taksi listrik ini, dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, yang memberikan dukungan. Ia bilang penggunaan mobil listrik bisa menghemat hingga 50 persen dibandingkan menggunakan mobil yang menggunakan bahan bakar minyak (BBM).
 
Pengguna mobil listrik, kata dia, juga bisa memanfaatkan diskon yang diberikan PT PLN (Persero). Salah satu diskonnya yakni berupa potongan harga 30 persen bagi kendaraan yang mengisi daya di stasiun pengisian listrik umum (SPLU) pada jam 22.00-06.00 WIB.
 
Saat ini biaya pengisian listrik bagi kendaraan menurut Jonan sangatlah murah yakni hanya Rp1.476 per kilowatt-jam atau kWh. Bila memanfaatkan diskon tersebut maka bisa lebih murah lagi yakni hanya membayar sekitar Rp1.000 per kWh.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif