Daihatsu mengakui siap untuk memproduksi ventilator yang dibutuhkan rumah sakit demi merawat pasien yang positif mengidap covid-19. Alibaba
Daihatsu mengakui siap untuk memproduksi ventilator yang dibutuhkan rumah sakit demi merawat pasien yang positif mengidap covid-19. Alibaba

Industri Otomotif

Daihatsu Sanggup Produksi Ventilator, Cuma Ada Syaratnya

Otomotif industri otomotif Virus Korona daihatsu virus corona covid-19
Ekawan Raharja • 08 April 2020 13:37
Jakarta: Pemerintah meminta kepada produsen otomotif untuk turut serta membantu mengatasi virus korona dengan memproduksi sejumlah alat kesehatan. Daihatsu sebagai salah satu pemilik pabrik otomotif menyanggupi permintaan pemerintah namun dengan sejumlah syarat.
 
Merek asal Jepang ini mengakui siap untuk memproduksi ventilator yang dibutuhkan rumah sakit demi merawat pasien yang positif mengidap covid-19. Sebagai syaratnya, anak usaha Astra ini sudah memiliki cetak biru produk yang dikeluarkan oleh pemerintah.
 
Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, mengakui bersama-sama dengan Gabungan Industri kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menantikan cetak biru untuk produksi. Setelah itu keluar, nanti pabrik beserta suplier penyokong komponen Daihatsu akan bersatu untuk memproduksi alat kesehatan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk perakitan ventilator di pabrik Daihatsu sebenarnya tidak butuh waktu lama. Yang sulit bikin ventilator adalah produksi komponen. Jadi kami akan bertanya pada supplier komponen kami dahulu karena mereka mesti mempersiapkan cetakannya dulu, dan sebagainya. Kalau assembling/perakitannya tidak butuh waktu lama," kata Amelia beberapa hari lalu.
 
Saat ini saudara Toyota ini memiliki dua pabrik, yakni di Sunter Jakarta Utara dan Karawang Jawa Barat. Masing-masing memiliki kapasitas produksi 200 ribu unit per tahun dan 300 ribu unit per tahun.
 
Kemenperin Minta Industri Otomotif Produksi Ventilator
Sebelumnya, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong industri otomotif di dalam negeri untuk dapat memproduksi alat bantu pernapasan atau ventilator yang dibutuhkan dalam penanganan pandemi virus korona (covid-19) di Tanah Air.
 
Saat ini, sejumlah rumah sakit rujukan covid-19 membutuhkan banyak ventilator seiring dengan bertambahnya penderita penyakit yang disebabkan oleh virus korona baru tersebut.
 
"Sesuai arahan Bapak Menteri Perindustrian, kami telah meminta pelaku industri otomotif melalui Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), agar beberapa anggotanya dapat memproduksi ventilator," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kemenperin Putu Juli Ardika dalam keterangan tertulis.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif