Mobil konsep listrik otonom Motiv.e. Carscoops
Mobil konsep listrik otonom Motiv.e. Carscoops

Mobil Listrik

Intip Mobil Listrik Otonom Unik Karya Gordon Murray

Otomotif mobil listrik mobil konsep
M. Bagus Rachmanto • 12 Februari 2020 11:55
Inggris: Gordon Murray Design (GMD), pria di belakang layar McLaren F1 dan pernah bergabung di tim F1 Brabham, memperkenalkan proyek terbarunya, yakni mobil konsep listrik otonom Motiv.e.
 
Dikembangkan bersama dengan Delta Motorsport dan itMoves, Motiv menggunakan teknologi iStream Superlight yang dipatenkan GMD untuk menghasilkan kendaraan otonom yang aman dan hemat biaya.
 
Menarik, dari segi desain, mobil bertubuh mungil itu menggambarkan gaya kontemporer sebgai mobil perkotaan yang ramah lingkungan yang dinekali fitur penggerak bertenaga listrik dengan kemampuan otonom.. Bagian eksterior yang terlihat unik dan mencolok adalah pintu model single gullwing door (pintu sayap camar), untuk akses yang lebih mudah dan perlindungan. Sementara di kabin mengaplikasikan single-seater pod (satu jok penumpang).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Motiv hanya memiliki panjang 2.537 mm (99,9 in), lebar 1.310 mm (51,6 in) dan tinggi 1,628 mm (64,1 in). Powertrain tenaga listrik murni Motiv dipasok oleh Delta Motorsport, terdiri dari motor listrik 20 kW (27 HP / 27 PS) yang ditenagai oleh paket baterai berpendingin cairan 17,3 kWh. Ini memungkinkan jangkauan mengemudi potensial hingga 100 km (62 mil).
Intip Mobil Listrik Otonom Unik Karya Gordon Murray
Kecepatan maksimumnya adalah 65 km per jam (50 mph), yang berarti itu hanya dirancang untuk lingkungan perkotaan dan pinggiran kota. Menurut Gordon Murray Design, baterai dapat diisi ulang dari 20 persen hingga 80 persen hanya dalam 40 menit berkat kemampuan pengisian CCS.
 
Berkat penggunaan teknologi iStream Superlight GMD, Motiv diproyeksikan memiliki berat kurang dari 450 kg (992 lbs), tidak termasuk baterai. Pod otonom ini mengapliksikan sasis aluminium yang sangat ringan (iFrame) namun berkekuatan, panel komposit dan pintu (iPanel), plus suspensi aluminium (iLink).
 
Bobot yang rendah memungkinkan Motiv dapat diterima sebagai quadricycle yang pertama dari jenisnya yang memenuhi standar keselamatan kecelakaan mobil penumpang Eropa (M1). Menjadi quadricycle juga membuatnya lebih mudah diproduksi daripada mobil, sehingga waktu tunggu pelanggan lebih pendek.
 
Gordon Murray Design memperkirakan Motiv bisa siap untuk produksi massal dalam dua hingga lima tahun. Untuk mendukung transisi ke penggunaan jalan otonom, Gordon Murray Design dan mitranya bertujuan untuk berkolaborasi dengan penyedia teknologi otonom untuk beberapa studi percontohan.
 
“Motiv memiliki potensi untuk mengubah mobilitas masa depan. Dengan Motiv, kami telah menggunakan teknologi iStream kami untuk menciptakan struktur bodi yang sangat ringan yang menghadirkan kendaraan yang ringkas, halus, aman dan serbaguna, namun tetap mampu jangkauan yang signifikan, ”kata Chairman of Gordon Murray Group, profesor Gordon Murray CBE, seperti dikutip Carscoops.

 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif