Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. MI/Arya Manggala
Sejumlah kendaraan terjebak kemacetan di Jalan Gatot Subroto, Jakarta. MI/Arya Manggala

Safety Driving

Menekan Angka Kecelakaan Perlu Bantuan Semua Pihak

Otomotif safety driving safety riding
Ekawan Raharja • 22 Juli 2020 13:54

Jakarta: Tingginya angka kecelakaan di Indonesia terus menjadi perhatian bagi banyak pihak, tidak hanya dari pihak kepolisian maupun para penggiat keselamatan di jalan. Bahkan untuk bisa menekan angka kecelakaan, harusnya perlu bantuan serta keikutsertaan dari berbagai pihak agar berhasil.
 
Special Advisor Indonesia Driving Institute (INDI), Drs Pudji Hartanto MM, menerangkan sangat perihatin dengan tingginya kecelakaan dan korban di jalan raya. Bahkan dia mengklaim angka kematian di jalan raya lebih tinggi dari korban kematian Covid-19.
 
Menekan Angka Kecelakaan Perlu Bantuan Semua Pihak

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Angka kematian akibat pandemik covid-19 dilaporkan sebanyak kurang lebih 30 korban kematian per harinya di seluruh Indonesia. Sementara korban akibat kecelakaan di jalan raya adalah 2-3 per jamnya atau kurang lebih 72 korban per harinya," ucap pria yang pernah menjadi Kakorlantas Polri dan Dirjen Perhubungan Darat itu melalui keterangan resminya.
 
“Angka-angka tersebut adalah angka yang tinggi, dimana lebih dari 40 persen hingga 50 persen dari korban di jalan raya tersebut berusia produktif (13-15 tahun)."
 
Menekan Angka Kecelakaan Perlu Bantuan Semua Pihak
 
Kakorlantas Polri, Irjen Drs Istiono, menambahkan di masa PSBB dan transisi kenormalan baru ini angka kecelakaan di jalan raya menurun. Meski demikian, semua pihak harus mengantisipasi akan tren kenaikan kecelakaan akibat lalu lintas yang perlahan kembali normal.
 
"Tren ini harus kita waspadai dengan upaya menekan trend kenaikan tersebut. Upaya untuk menurunkan tingkat kecelakaan dan korban di jalan raya adalah tanggung jawab bersama," sambung Irjen Drs Istiono.
 
Menekan Angka Kecelakaan Perlu Bantuan Semua Pihak
 
Untuk itu, INDI yang bergerak dalam bisnis road safety menyatakan komitmennya untuk bisa berperan aktif dalam mengkampanyekan berkendara yang aman. Salah satu cara yang mereka bisa dilakukan di saat-saat sekarang ini dengan menggelar seminar Berkendara Aman di Masa Pandemi pada Senin (20/7/2020).
 
“INDI mengapresiasi upaya penurunan angka kecelakaan dan korban di jalan raya yang dilakukan oleh Dirhubdar dan Korlantas, melalui kegiatan ini kami mengajak semua pihak, pengendara dan pengguna jalan, untuk menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dengan melaksanakan Tri Siap; Siap mentaati peraturan lalu lintas, Siap kondisi pengendara, dan Siap kondisi kendaraannya, untuk bisa menjadi kebiasaan keseharian saat kita berada di jalan raya di masa pandemik maupun di masa non pandemik," tegas Pudji.


 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif