Industri otomotif mobil bekas masih menjanjikan bagi pelaku usaha mobil seke. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto
Industri otomotif mobil bekas masih menjanjikan bagi pelaku usaha mobil seke. Medcom.id/M. Bagus Rachmanto

Bisnis Mobil Seken Masih Menjanjikan

Otomotif mobil bekas
M. Bagus Rachmanto • 13 Agustus 2019 17:10
Jakarta: Pasar atau market mobil bekas terus tumbuh dan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Bahkan marketnya bisa dibilang sangat besar jika dibandingkan dengan penjualan mobil baru.
 
Hal itu diungkapkan CEO BeliMobilGue.co.id, Johny Widodo saat bincang santai soal online marketplace mobil bekas/seken di Indonesia.
 
"Pasar mobil bekas sangat besar. Berdasarkan data, penjualan mobil baru berada di angka 1 juta unit, sementara pasar mobil bekas berada di angka 3 juta hingga 3,5 juta unit setiap tahunnya, jadi bisa tiga kali lipatnya," kata Johny kepada Medcom.id di Jakarta, Selasa, 13 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Johny penjualan mobil baru berbanding terbalik dengan penjualan mobil seken. Jika saat ini penjualan mobil baru sedang lesu, belum tentu penjualan mobil seken juga ikut tidak bergairah.
 
"Penjualan mobil baru berbanding terbalik dengan mobil bekas. Kalau orang tidak mampu beli mobil baru, maka mereka akan beli mobil bekas. Artinya pasar mobil seken tetap jadi alternatif pilihan," sambung Johny.
 
Bisnis Mobil Seken Masih Menjanjikan
 
Terlepas dari hal itu, Johny mengaku optimis ke depan bisnis mobil bekas masih menjanjkan. Apalagi mengklaim pihaknya punya strategi jitu untuk menjadi online market place nomor satu, dan terdepan pada segmen mobil bekas di Indonesia.
 
Strategi tersebut adalah dengan cara menawarkan banyak keunggulan dari platform yang digawanginya. Dari sisi konsumen, BeliMobilGue menjanjikan transaksi yang simpel, cepat, dan transparan hanya dalam waktu 1 jam. Sementara bagi dealer, mereka bisa menyediakan supply mobil bekas dengan cepat dan luas. Labtaran baik konsumen maupun dealer diklaim akan mendapat jaminan kendaraan dalam kondisi terbaik, karena dilakukan inspeksi di 160 titik.
 
"Kami melayani lebih dari 10.000 konsumen dan bekerja sama dengan 1.000 lebih dealer. Kami juga memiliki 51 lokasi inspeksi di 4 kota seperti Jakarta, Surabaya, Bali, dan Yogyakarta. Ada 300 ribu mobil bekas dijual setiap bulan. Nah ini, jadi market besar dan kesempatan buat kami. Saya sangat yakin BeliMobilGue bisa mendominasi market," klaim Johny.
 
Mayoritas pemain di marketplace khusus untuk otomotif, memang cukup bersaing saat ini. Tapi memberikan jasa inspeksi, kini jadi favorit. Bahkan penyedia iklan baris seperti OLX pun sudah menerapkan hal tersebut. Tinggal memilih mobil yang sesuai dengan kriteria yang Anda cari.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif