Menjajal mobil teknologi anyar Volvo Dynamic Steering yang memungkinkan kemudi truk dikendalikan layaknya city car. medcom.id/Ahmad Garuda
Menjajal mobil teknologi anyar Volvo Dynamic Steering yang memungkinkan kemudi truk dikendalikan layaknya city car. medcom.id/Ahmad Garuda

Jajal Teknologi Anyar di Sistem Kemudi Truk Volvo

Otomotif test drive
Ahmad Garuda • 20 Juni 2019 17:50
Jakarta: Volvo Trucks kembali memperkenalkan teknologi anyar mereka untuk pasar otomotif nasional. Yaitu kemudahan bagi para pengemudinya untuk mengendarai mobil dengan dimensi 'raksasa' ini dalam kondisi jalan yang offroad dan cukup ekstrim.
 
Namun kami akan lebih fokus terhadap kemudahan teknologi yang diberikan. Yaitu Volvo Dynamic Steering (VDS) yang memungkinkan kemudi truk bisa dikendalikan layaknya kemudi mobil penumpang. Terutama beban puntir atau gaya putar yang lebih nyaman.
 
Menurut Managing Director Volvo Trucks Indonesia, Jurn Terpstra saat memberikan keterangan resminya di De'Pes, Sentul, Ia menegaskan bahwa teknologi kemudahan yang mereka sematkan di produknya itu, sudah dipatenkan secara global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jajal Teknologi Anyar di Sistem Kemudi Truk Volvo
 
"Mengapa teknologi ini kami bawa ke Indonesia, karena kemudahan yang diberikan sangat bermanfaat bagi pengemudi truk di Indonesia dalam segala kondisi. Misalnya di jalan bebas hambatan, VDS ini memberikan stabilitas arah kendaraan yang sebelumnya membuat pengemudi harus ekstra hati-hati. Sementara dalam kondisi offroad, sistem ini bekerja memberikan kemudahan kepada pengemudi di kecepatan rendah, meski dengan muatan yang penuh," klaim Jurn.
 
Kami pun membuktikannya di kawasan offroad Sentul Selatan didesain dengan kondisi yang cukup ekstrik. Beberapa handicap didesain untuk membuat mobil truk harus bekerja dengan ekstra.
 
Dalam kesempatan pertama, kami mencoba versi Volvo FMX yang belum dilengkapi dengan teknologi VDS. Meski tenaga yang kami keluarkan juga tidak berlebihan layaknya truk yang hanya dilengkapi dengan teknologi power steering sederhana, namun Volvo mengklaim bahwa itu belum ada apa-apanya dibandingkan truk yang sudah menggunakan teknologi yang VDS.
 
Jajal Teknologi Anyar di Sistem Kemudi Truk Volvo
 
Hal itu terbukti, ketika dalam kesempatan kedua kami menjajal truk tersebut dengan mobil yang sudah dilengkapi dengan teknologi VDS. Tenaga yang saya keluarkan untuk memutar kemudinya, tidak ubahnya memutar kemudi sebuah mobil berdimensi kecil.
 
Cara Kerja Teknologi VDS
Pertanyaannya adalah seperti apa konfigurasi sistem VDS yang disematkan Volvo ke mobil tersebut? Mengingat mobil juga sudah dilengkapi dengan sistem power steering. Dalam keterangan resminya, mereka menegaskan bahwa VDS bekerja pada sistem kemudi mekanis konvensional yang terhubung dengan roda kemudi.
 
Unit servo hidrolis, menghasilkan tenaga yang membantu pengemudi memutar lingkar kemudi truk. Sistem ini dikontrol secara elektronik dan ditambahkan di poros kemudi. Motor listrik yang mengendalikan poros kemudi ini pun beradaptasi ribuan kali per detik, tergantung kondisi berkendara yang diatur penuh oleh ECU. Misalnya, pada kecepatan rendah, motor listrik menambah tenaga ekstra dan pada kecepatan tinggi motor listrik secara otomatis membantu mengontrol dan menstabilkan kemudi.
 
Jajal Teknologi Anyar di Sistem Kemudi Truk Volvo
 
"Fungsi motor listrik ini adalah memberikan pengendalian yang akurat setiap saat. Contohnya, ketika sensor sistem mencatat bahwa pengemudi ingin meaju lurus ke depan, maka sistem secara otomatis memastikan tidak ada hambatan permukaan jalan yang mempengaruhi arah roda kemudi."
 
Jurn melanjutkan bahwa dalam kondisi kecepatan rendah, maka sistem ini membuat kemudi akan sangat mudah dioperasikan. Fitur ini sudah tersedia di Indonesia untuk truk rigid dan prime mover dengan poros roda depan tunggal (6x4) dan poros depan ganda (8x4).
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif