Pengunjung booth Toyota di GIIAS 2024 merasakan pengalaman konektivitas 1Connect. Toyota
Pengunjung booth Toyota di GIIAS 2024 merasakan pengalaman konektivitas 1Connect. Toyota

Mengenal Teknologi Telematika 1Connect Toyota

Ekawan Raharja • 25 Juli 2024 10:41
BSD City: Konektivitas antara pemilik dan mobil menjadi salah satu fitur yang mulai dikembangkan pabrikan otomotif. Toyota baru-baru ini memperbaruhi fitur konektivitas mereka, 1Connect, dengan ragam kemampuan anyar.
 
"Teknologi 1Connect adalah konsep total connectivity yang seamless baik dari Out-of-Car Connectivity maupun dari In-Car Connectivity melalui kapabilitas generasi baru device telematika yang lebih luas. Koneksi lewat jaringan internet memberikan peluang kepada pelanggan untuk memanfaatkan lebih banyak lagi fitur-fitur mToyota dan terhubung lebih jauh dengan kendaraan,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy, di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024.
 
Pabrikan asal Jepang tersebut berencana mengembangkan konsep fitur In-Car Wi-Fi Hotspot pada beberapa line-up mobilnya secara bertahap sampai dengan tahun 2025. Sehingga, kendaraan dapat memancarkan jaringan internet.

Pelanggan dapat memanfaatkan teknologi canggih ini dalam dua kategori, yakni Out-of-Car Connectivity yang dapat diakses melalui T Intouch di aplikasi mToyota, serta In-Car Connectivity yang dapat diakses melalui Connected Head Unit dan Connected Rear Seat Entertainment di dalam mobil.
 
Baca Juga:
Mobil Hybrid Laris Manis, Di GIIAS 2024 Banyak Pilihan

 
Improvement pada Out-of-Car Connectivity, pemilik mobil dapat mengaktifkan fitur Remote Immobilizer di aplikasi jika mobilnya hilang atau dicuri orang. Saat fitur ini aktif setelah diverifikasi oleh Telematics Customer Care, secara otomatis akan menonaktifkan mobil pelanggan saat starter selanjutnya sehingga mobil tidak bisa dinyalakan.
 
Para insinyur di Jepang juga berencana untuk memperkaya informasi mengenai kondisi kesehatan mobil melalui konsep fitur Vehicle Health Check melalui aplikasi. Di dalam menu Vehicle Info, aplikasi ini memberikan informasi aktual terkait kondisi komponen penting kendaraan seperti airbags, rem, power steering, dan tekanan udara ban.
 
Pada fitur In-Car Connectivity, pelanggan dapat menghubungi layanan Emergency Roadside Assistance (ERA) melalui head unit di mobil jika dalam situasi darurat seperti mobil mogok atau kecelakaan. Setelah pelanggan menekan tombol khusus di head unit, sistem akan menghubungkan dengan Toyota Concierge Service yang selanjutnya mengirimkan layanan ERA.
 
Selain head unit, Wifi Hotspot yang tersedia juga dapat diakses oleh Rear Seat Entertainment (RSE) untuk penumpang belakang sehingga dapat memanfaatkan fitur-fitur entertainment dan productivity. Membuka akses langsung ke layanan multimedia dari pihak ketiga pada mobil Toyota, seperti streaming channel musik, film layar lebar terbaru, serta Online Karaoke seperti Smule
 
Baca Juga:
Parade Mobil Konsep di GIIAS 2024, Ada Premier se-Asia Tenggara

 
Sambil menikmati perjalanan, pelanggan tetap dapat terhubung dan terjaga produktivitasnya karena dapat memanfaatkan fitur online meeting seperti Zoom dan Teams. Toyota berharap connectivity services ini dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada customer di manapun berada karena selalu terhubung d.engan dunia luar via jaringan internet.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan