Sejarah panjang merek Holden akan berhenti di 2021. Holden Indonesia.
Sejarah panjang merek Holden akan berhenti di 2021. Holden Indonesia.

Industri Otomotif

General Motors Suntik Mati Holden

Otomotif general motors industri otomotif
Ekawan Raharja • 18 Februari 2020 13:25

Jakarta: General Motors banyak melakukan perampingan bisnis merek di Asia Tenggara dan Australia. Setelah rencana menghentikan penjualan Chevrolet di Indonesia dan Thailand, kini mereka mengambil langkah untuk menyuntik mati merek Holden.
 
Langkah ini diambil grup otomotif asal Amerika Serikat ini untuk menghentikan bisnis mereka di Australia dan Selandia Baru. Kendati belum ada pengumuman resmi soal tanggal, dipastikan Holden tidak akan beroperasi pada tahun depan.
 
Mengingat mobil-mobil bermerek Holden di produksi di pabrik Chevrolet yang berlokasi di Rayong Thailand. Sedangkan pabriknya tersebut akan dijual per tahun depan kepada Great Wall Motors (GWM) asal Tiongkok. Selain itumenghentikan penjualan, merek juga berencana menutup kantor desain serta engineering Holden di Australia dan Selandia Baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut BBC, General Motors memang memiliki fokus bisnis untuk menghadapi persaingan otomotif yang semakin sengit. Mereka akan fokus untuk pasar-pasar utamanya seperti Amerika Serikat, kawasan Amerika Latin, Tiongkok, Korea Selatan, dan beberapa negara lainnya.
 
Senior Vice President of International Operations General Motors, Julian Blissett, menjelaskan keputusan ini dilakukan sebab perusahaan kesulitan menopang operasi bisnis yang cuma ada di dua pasar negara. Menurutnya perusahaan tak bisa mengucurkan investasi yang signifikan untuk membantu Holden kompetitif dan untung dalam jangka waktu panjang.
 
"Ini adalah keputusan yang menyakitkan bagi kami dan kami tidak mengambilnya dengan ringan atau enteng," kata dia seperti diberitakan AFP.
 
Berhentinya merek Holden sebagai mobil khas Australia per akhir tahun 2020, maka rampung sudah 164 tahun sejarah Holden. Pemilik Holden diharapkan tidak perlu khawatir soal penutupan ini, karena General Motors berencana melanjutkan bisnis servis dan suku cadang Holden hingga 10 tahun.
 
Good Bye, Holden!


 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif