Mercedes-Benz Axor Euro 4. Mercedes-Benz
Mercedes-Benz Axor Euro 4. Mercedes-Benz

Kendaraan Komersial

Transisi Mesin Diesel Euro 4 Bukan Hal Mudah

Ekawan Raharja • 29 September 2022 12:00
Jakarta: Indonesia baru saja menetapkan standar emisi gas buang Euro 4 untuk kendaraan bermotor bermesin diesel pada awal tahun 2022. Kondisi ini kemudian mendapatkan perhatian lebih Daimler Indonesia yang baru saja meluncurkan truk Mercedes-Benz Axor Euro 4 dan kehadiran presiden direktur baru.
 
Presiden Direktur Daimler Commercial Vehicles Indonesia (DCVI), Naeem Hassim, baru saja datang ke Tanah Air per 1 Juli 2022. Oleh sebab itu, dia pun kemudian mengakui banyak belajar mengenai kondisi di Indonesia, mulai dari emisi Euro 4 hingga elektrifikasi.
 
"Saya sudah berkeliling ke berbagai daerah di Indonesia dalam 100 hari kerja saja. Saya terus menyimak, sambil saya belajar di posisi saya yang baru di Indonesia, di saat ada kebijakan baru dari pemerintah menjadi tantangan baru buat kami di Indonesia," kata Naeem pada Selasa (27-9-2022) di Ampera Jakarta Selatan.
 
Transisi Mesin Diesel Euro 4 Bukan Hal Mudah
 
Dia sendiri melihat transisi Euro 2 ke Euro 4 yang diterapkan oleh pemerintah tidaklah mudah. Banyak aspek yang harus dipersiapkan, mulai dari aturan penunjang, kualitas bahan bakar, hingga layanan purnajual.
 
"Pertanyaan bagaimana Euro 4 bisa menguasai? Tentunya dengan bahan bakar yang sesuai. Bagaimana kita bisa menerapkan Euro 4, 5, dan 6 jika tidak menggunakan bahan bakar yang tidak tepat? Dan itu tidak mudah," ucap Naeem.
 
Dia juga menekankan perusahaan sudah siap dengan truk berstandar Euro 6 sekalipun. Tetapi hal tersebut tidak bisa diimplementasikan di Indonesia karena tidak adanya bahan bakar yang tersedia di Tanah Air.
 
"Sekarang perubahan ke Euro 4 saya rasa yang terpenting adalah kita harus mengedukasi para pelanggan, contohnya lain kita juga melatih para pekerja. Saya berharap perubahan ini akan berjalan lancar, saya yakin ini yang terbaik untuk kita dan para pelanggan," pungkas Naeem.
 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif