Sejumlah APM sudah memiliki jaringan dealer di Kalimantan. Wuling Motors
Sejumlah APM sudah memiliki jaringan dealer di Kalimantan. Wuling Motors

Industri Otomotif Tak Masalah Ibukota Pindah ke Kalimantan

Otomotif toyota industri otomotif wuling motors Pemindahan Ibu Kota Jawa Barat
Ekawan Raharja • 04 September 2019 09:40
Jakarta: Pemerintah berencana untuk memindahkan Ibukota Negara Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Hal ini menarik sejumlah perhatian, termasuk para agen pemegang merek (APM) yang semuanya memiliki basis di DKI Jakarta.
 
Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, menjelaskan tidak ada masalah dengan pemindahan Ibukota Indonesia dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Menurutnya, Wuling Motors sudah memiliki jaringan di sana dan sudah melayani konsumen di Kalimantan Timur.
 
"Sebenarnya kami sudah banyak, di kota besar sudah ada. Tetapi untuk pengembangan dealer lagi, kami harapkan juga dengan adanya rencana pemindahan Ibukota, dealer sana juga bisa mengembangkan diri lagi," ungkap Dian Asmahani Selasa (3/9/2019) di Safehouse Kuningan Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wanita energik ini juga menjelaskan pasar di Kalimantan masih kalah dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Sehingga diharapkan dengan pemindahan ibukota negara bisa meningkatkan penjualan di Kalimantan.
 
"Kami harapkan seperti itu (peningkatan pasar)," pungkas Dian Ashamani.
 
Industri Otomotif Tak Masalah Ibukota Pindah ke Kalimantan
 
Selain Wuling Motors, Toyota Astra Motor juga tidak memiliki masalah terkait pemindahan ibukota ke Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara. General Manager Executive, Fransiscus Soerjopranoto, menjelaskan Toyota akan selalu siap mendukung rencana pemerintah.
 
"Saat menentukan kebijakan pasti pemerintah telah memikirkan secara matang dampak yang akan dihasilkan dari kebijakan tersebut.
 
Melihat reason yang dijelaskan oleh pemerintah untuk membantu mengurangi beban pulau jawa yang saat ini menjadi pusat segala kegiatan baik dari sisi bisnis maupun pemerintahan, maka kami melihat ini sebagai suatu rencana yang positif," tulis Fransiscus Soerjopranoto melalui pesan singkatnya kepada Medcom.id.
 
Dia menjelaskan sudah menyiapkan sejumlah strategi, salah satunya mengantisipasi peningkatan jumlah permintaan kendaraan di sana. Toyota ada kemungkinan untuk menambah dealer di kalimantan agar bisa melayani konsumen mereka lebih baik lagi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif