Nissan tepis isu bahwa mereka ingin bercerai dari Renault.
Nissan tepis isu bahwa mereka ingin bercerai dari Renault.

Nissan Tepis Rumor akan Bercerai dengan Renault

Otomotif industri otomotif nissan renault
Ekawan Raharja • 16 Januari 2020 07:53

Yokohama: Kabar berhembus mengenai keretakan rumah tangga di aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, dengan rencana Nissan memisahkan diri dari Renault. Kabar ini kemudian langsung dibantah oleh Nissan dan menyebutkan mereka tetap mesra.
 
Nissan mengeluarkan pernyataan sama sekali tidak memiliki niatan untuk berpisah dari Renault. Menurut keterangan resmi dari Nissan, aliansi sampai sekarang ini merupakan salah satu cara untuk tetap kompetitif di pasar otomotif.
 
"Aliansi adalah sumber kemampuan kompetitif Nissan. Melalui aliansi, untuk mencapai keberlangsungan dan perkembangan profit, Nissan akan tetap menyediakan hasil win-win untuk semua anggota perusahaan," tulis Nissan dalam pernyataan resminya disitat dari Carscoops.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal ini juga dipertegas dengan Chairman Renault, Jean-Philippe Senard, yang mengatakan kepada L'Echo bahwa aliansi dalam kondisi solid, kuat, semuanya kecuali mati.
 
Sebelumnya Financial Times melaporkan eksekutif Nissan membuat rencana darurat untuk memisahkan diri dengan Renault. Dalam diskusi terkait rencana itu dikatakan termasuk memisahkan produksi dan engineering serta merombak dewan direksi.
 
Akibat lampiran tersebut saham Renault jatuh ke titik terendah dalam enam tahun belakangan karena investor khawatir aliansi dengan Nissan akan bubar. Selain itu, saham Nissan pun jatuh ketitik terendah lama 8,5 tahun kebelakang.
 
Munculnya isu hubungan Nissan dan Renault yang semakin merenggang tidak terlepas juga dari kasus yang menerpa mantan Chairman Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn. Selama ini pria asal Brazil ini yang menjadi katalis untuk aliansi ketiga mereka tersebut, terlebih Renault dan Nissan yang terlebih dahulu menjalin hubungan.


 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif