Sel baterai generasi terbaru BMW. BMW
Sel baterai generasi terbaru BMW. BMW

Teknologi Otomotif

BMW Umumkan Sel Baterai Generasi Baru, 30% Lebih Efektif

Ekawan Raharja • 12 September 2022 14:00
Muenchen: BMW terus mengembangkan teknologi baterai untuk berbagai mobil listrik di masa depan. Pabrikan asal Jerman itu baru-baru ini juga mengumumkan penggunaan sel baterai generasi terbaru yang diklaim bisa meningkatkan daya jangkau dan kecepatan pengisian daya mobil.
 
Sel baterai ini rencananya akan mulai digunakan pada tahun 2024, menggantikan sel baterai prismatik berdiameter 46 mm. Sel baterai terbarunya ini diketahui menggunakan lebih banyak nikel serta mengurangi kobalt di katoda, dan memakai silikon tambahan di sisi anoda.
 
Alhasil, baterai generasi terbaru dari BMW ini memiliki kepadatan energi 20 persen lebih baik dari generasi sebelumnya. Kemudian sel baterai ini bisa meningkatkan jangkauan dan kecepatan pengisian daya hingga 30 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, biaya pembuatan baterai tersebut diklaim 50 persen lebih murah, yang nantinya dapat membantu menurunkan harga mobil listrik mereka. Hal ini sesuai dengan visi mereka sejak awal yang berharap bisa menurunkan biaya pembuatan baterai hingga 30 persen agar bisa bersaing dengan Tesla.
 
“Sel baterai baru dibuat menggunakan daya yang dihasilkan dari energi terbarukan,” kata perusahaan itu.
 
Sel baterai tersebut direncanakan akan diproduksi oleh CATL dan EVE untuk menyokong pabrik di Tiongkok dan Eropa. Kemudian untuk pabrik yang ada di Amerika Utara belum diketahui dari mana mereka akan mendapatkan pasokan baterai itu.
 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif