Pengecatan bodi mobil harus dilakukan ahlinya agar tidak belang. Orielly
Pengecatan bodi mobil harus dilakukan ahlinya agar tidak belang. Orielly

Warna Bodi Mobil Belang saat Cat Ulang? Ini Penyebabnya

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 29 November 2019 09:36
Jakarta: Banyak pemilik mobil yang melakukan pengecetan ulang agar tampilan mobilnya tetap bagus. Namun tak jarang hasilnya kurang maksimal, karena warna cat lama (asli) berbeda dengan warna cat baru sehingga terlihat belang.
 
Country Director PT NP Auto Refinishes Indonesia (NPARI), Kuswantoro Pranabudi, menjelaskan banyak faktor yang menyebabkan pengecetan per panel tidak sempurna. Salah satunya adalah saat proses pencampuran cat.
 
"Jadi kalau belang itu karena campuran cat atau saat proses mix-nya tidak benar. Jadi dari panel satu dengan panel yang lain walupun campuran catnya sudah benar tapi saat proses cat salah tetap saja belang," ujarnya kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu teknik penyemprotan juga harus benar. Teknik penyemprotan yang tidak benar dapat merubah komposisi warna saat diaplikasikan. "Jadi cat itu memang unik karena formulasinya harus benar, dan teknik penyemprotannya juga harus bagus," tambahnya
 
Melihat karakteristik dunia re-painting otomotif yang unik, NPARI membuka Center for Auto Refinish Training and Excellence (Carte) untuk meningkatkan skill dan keahlian tenaga pengecet mobil di Indonesia.
 
Traning center ini bisa diikuti oleh para pemilik bengkel dan tenaga pengecatan dari bengkel resmi hingga bengkel mandiri. "Disana kita mengajarkan bagaimana membuat campuran cat yang tepat, dan juga teknik penyemprotannya yang benar," jelas Pranabudi.
 
pSelain pengecatan erawatan pada mobil kesayangan merupakan hal yang wajib bagi pemilik kendaraan, salah satu hal yang mesti dilakukan perawatan yaitu cat mobil.
Ini Penyebab Warna Bodi Mobil Belang Saat Cat Ulang
Cat pada mobil lama kelamaan pasti akan menjadi pudar seiring pemakaian dan juga kurangnya perawatan yang dilakukan. Untuk menjaga agar cat tetap bagus dan bertahan lama maka ada beberapa cara yang harus dilakukan oleh pemilik mobil.
 
Seperti diungkapkan Service Bussines Development Departement Auto2000 Head Office, Abdul Rahman, menurutnya, menjaga agar cat mobil tidak mudah pudar dan tetap kinclong mesti telah lama digunakan sangatlah mudah.
 
"Untuk cat biar tidak cepat pudar itu, kami menyarankan agar sebisa mungkin mobil terhindar dari sinar matahari ketika di parkir, selain itu jika kena hujan supaya secepatnya dibilas dan dicuci dengan shampoo khusus mobil. Jika tidak dilakukan pencucian segera, maka akan menimbulkan jamur," ungkapnya.
 
Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa pemilik kendaraan juga bisa melakukan poles seluruh bodi mobil jika ingin mobil menjadi kinclong.
 
"Berapa lama cat bertahan itu relatif, tetapi kalau kita apik untuk merawatnya, cat itu bisa bertahan sampai 10 tahun," tutur dia.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif