Mobil tersebut dirancang oleh Ferdinand Porsche dan anakanya, Ferry, dengan keperluan untuk performa tinggi.
Mobil tersebut dirancang oleh Ferdinand Porsche dan anakanya, Ferry, dengan keperluan untuk performa tinggi.

Porsche Ternyata Pernah Memproduksi VW Kodok

Otomotif volkswagen beetle volkswagen
Ekawan Raharja • 08 April 2019 16:15
Stuttgart: Volkswagen (VW) Beetle atau familiar dengan nama VW kodok merupakan salah satu model yang cukup populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun siapa sangka jika Porsche juga pernah memproduksi Beetle dan menjadikannya mobil terkencang di modelnya.
 
Porsche diketahui pernah memproduksi Beetle yang diberi nama VW 39. Mobil ini didesain masih dengan rancang bangun Beetle, diproduksi pada 1939, dan kini hanya ada satu unit saja.
 
Mobil tersebut dirancang oleh Ferdinand Porsche dan anakanya, Ferry, dengan keperluan untuk performa tinggi. Sudah pasti VW 39 memiliki spesifikasi di atas rata-rata umumnya dari Beetle yang populer di masanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Porsche Ternyata Pernah Memproduksi VW Kodok
 
Keluarga Porsche menyematkan mesin 1.000 cc dengan tenaga hanya 32 daya kuda. Cuma perlu diingat bobot mobil ini dikurangi sedemikian rupa hingga akhirnya hanya 695 kilogram, dan bisa melesat dengan kecepatan sampai 145 kilometer per jam. Sebagai perbandingan di masa itu, Beetle asli menggunakan mesin 1.100 cc dentan tenaga 25 daya kuda dan kecepatannya hanya 100 kilometer per jam.
 
Rencana awalnya mobil ini akan diproduksi sebanyak 50 unit di pabrik VW di Wolfsburg dan Berlin Jerman. Sayangnya rencana tinggal rencana karena perang dunia kedua meletus dan menggangu produksi pabrik.
 
Meski demikian Ferdinand Porsche dan Ferry tetap mengerjakan produksi VW 39 namun hanya 14 unit yang sanggup di produksi. Seluruh mobil yang diproduksi menggunakan mesin Porsche yang berbeda-beda, seperti dikutip dari carscoops.
 
Porsche Ternyata Pernah Memproduksi VW Kodok
 
Sayangnya perang dunia membuat 13 unit VW 39 hilang dicuri dan 1 unit ditemukan di tengah reruntuhan bangunan dalam kondisi rusak. Satu unit tersebut akhirnya dijual kepada seorang kolektor pada 1948 dan saat ini mobil tersebut di tangan Thomas König dan Oliver Schmidt, pendiri Museum Prototipe Hamburg.
 
Sang kolektor harus melakukan restorasi selama tiga tahun untuk kembali ke kondisi aslinya dengan melibatkan para pembuat mobil berpengalaman dan dikerjakan secara hand made. Hasilnya VW 39 satu-satunya di dunia ini kini tampil seperti sedia kala dengan mengurusung kelir Nitro Black. Warna yang kisahnya menjadi warna pertama saat ia diluncurkan pada 1939 di gerbang Zuffenhausen.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif