Holden Torana 1971 koleksi Blue Bird, nampang di Java Jazz Festival 2019. medcom.id/Ahmad Garuda
Holden Torana 1971 koleksi Blue Bird, nampang di Java Jazz Festival 2019. medcom.id/Ahmad Garuda

Holden Torana 1971 Blue Bird ini, Nyempil di Java Jazz 2019

Otomotif mobil klasik blue bird
Ahmad Garuda • 03 Maret 2019 13:29
Jakarta: Java Jazz 2019 jadi momentum bagi para pencari kenikmatan bermusik dengan kualitas terbaik. Namun bukan berarti di event musik level dunia itu tak punya suguhan bernuansa otomotif. Salah satunya terlihat di zona pamer milik Blue Bird, sehuah perusahaan taksi swasta nasional yang sudah ada sejak 1972.
 
47 tahun pun berlalu dan masih eksis hongga saat ini. Uniknya unit armada yang mereka gunakan di tahun perdana mereka masih tersimpan rapi, yaitu Holden Torana 1971. Mobil ini menjadi saksi sejarah bisnis transportasi privat nasional seperti taksi.
 
Holden Torana 1971 Blue Bird ini, Nyempil di Java Jazz 2019

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jika meihat sekilas informasi spesifikasinya, dikatakan bahwa mesinnya berkapasitas 2.834 cc dengan konfigurasi enam slinder didukung tiga karburator yang dapat menyemprotkan tenaga 200 dk dengan transmisi empat percepatan. Mobil ini diklaim salah satu mobil tercepat dijamanya. Namun jika melihat spesifikasi mesin yang lain, ternyata ada juga versi 1.200 cc dengan 3-percepatan.
 
"Holden Torana 1971 ini memang punya cerita cukup panjang. Mengingat ini jadi armada pertama di industri transportasi massal di Jakarta. Kalau unit show-nya sudah diamankan di Museum Transportasi, Taman Mini Indonesia Indah, sementara untuk yang tampil di Java Jazz ini adalah unit pajangan di kantor pusat. Ini jadi yang pertama kalinya mobil ini show-off, bahkan di pameran otomotif pun belum pernah dibawa," jelas Marketing Communication Blue Bird, Luthfi di JIExpo, Kemayoran, Jakarta pada Jumat (1/3/2019).
 
Holden Torana 1971 Blue Bird ini, Nyempil di Java Jazz 2019
 
Bagian eksterior bodi berkelir biru telor asin dengan grill aksen krom terlihat jaring yang besar, bingkai lampu kotak dan di pintu tidak ketinggalan logo Blue Bird terlihat sangat khas.
 
Luthfi menegaskan bahwa kemungkinan besar jika memang slot-nya ada, mobil ini pun bakal dibawa untuk pameran di pameran otomotif seperti IIMS dan GIIAS. Tapi sendiri belum tahu sampai di mana kepastiannya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif