Terrafugia TF-X mobil terbang. Popularmechanics
Terrafugia TF-X mobil terbang. Popularmechanics

Mobil Masa Depan

FAA Melunak, Mobil Terbang Boleh Mengudara

M. Bagus Rachmanto • 27 Juni 2016 10:49

medcom.id: Secaera teknis prototipe mobil terbang Terrafugia Transition belum memenuhi persyaratan kelayakan terbang. Meski demikian Federal Aviation Administration (FAA) membolehkanya digunakan dalam kegiatan olah raga dirgantara.

Menurut Aviation Week, pelonggaran syarat itu dilakukan agar tidak membatasi pengembangan teknologi mobil terbang. Perusahaan pembuat Terrafugia Transition di Massachusetts Woburn dapat menentukan sendiri bobot serta batasan kecepatannya mobil terbang buatannya.

Hal ini dimaksudkan agar mobil terbang mendapatkan disertifikasi dan dimasukan sebagai pesawat olahraga ringan atau light sport aircraft (LSA).  Apa yang dilakukan FAA dengan mengesampingkan dan melonggarkan peraturan merupakan kemenangan besar bagi kemajuan teknologi ini, dan harus dijawab sebagai tantangan sebelum benar-benar hadir di pasaran.

TF-X diciptakan sebagai sebuah konsep yang mengubah sedan mewah menjadi pesawat dengan kemampuan lepas landas dan mendarat secara vertikal. Perusahaan optimis bisa mengembangkan TF-X dalam jangka waktu 8-12 tahun.

Tak hanya Terrafugia, sejumlah perusahaan lain juga mengejar impian untuk membuat mobil terbang, termasuk Ehang flying taxi yang baru-baru ini mendapatkan izin untuk melakukan tes penerbangan di Nevada. Semoga kemajuan teknologi di industri otomotif bisa mempermudah dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dunia di masa depan.
 


 
(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif