NEWSTICKER
APV masih jauh di atas Formo dari segi penjualan di 2019. Medcom.id/Ekawan Raharja
APV masih jauh di atas Formo dari segi penjualan di 2019. Medcom.id/Ekawan Raharja

Industri Otomotif

Adu MPV Pekerja, Lebih Laris APV atau Formo?

Otomotif industri otomotif suzuki mobil wuling motors
Ekawan Raharja • 27 Februari 2020 11:06
Jakarta: Model multi purpose vehicle (MPV) merupakan salah satu model terlaris di Indonesia karena memiliki banyak fungsi, bisa menjadi kendaraan penumpang dan bisa menjadi kendaraan komersial. Kalau melihat kinerja MPV amphibi seperti ini, konsumen mendapatkan pilihan berupa Suzuki APV, Wuling Formo, serta Daihatsu Gran Max.
 
Lantas bagaimana performanya di pasar otomotif tanah air? Medcom.id coba akan membandingkan penjualan wholesales APV dan Formo di sepanjang 2019.
 
Menurut data yang diberikan oleh Suzuki Indonesia, penjualan APV secara keseluruhan mencapai 4.141 unit sepanjang tahun. Secara terperinci untuk model blind van yang biasanya digunakan sebagai kendaraan komersial terjual 788 unit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk Formo sebagai pendatang baru, penjualan wholesales di 2019 baru mencapai 301 unit untuk semua varian. Secara kuantitas penjualan, merek asal Tiongkok ini masih belum bisa berbicara banyak menghadapi APV yang jauh lebih lama bermain di pasar otomotif Nasional.
 
"Formo baik, performanya masih baik 301 unit. Segmen pasar menang cukup berbeda, kondisi kendaraan komersial ringan akan berdampak kepada jumlah Formo di pasaran. Jadi kita akan lihat lebih dahulu kondisi di pasar komersialnya, jadi kita akan lihat terlebih dahulu," ujar Media Relations Wuling Motors, Brian Gomgom Simbolon, di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.
 
Kalau membandingkan secara harga, APV blind van ditawari dengan harga Rp158,5 juta dan Formo berada di bawahnya dengan banderol Rp141,8 juta (on the road DKI Jakarta). Kemudian untuk model minibus sebagai kendaraan penumpang, APV dibanderol mulai dari Rp190 juta hingga Rp236 juta, dan Formo dipasarkan mulai dari Rp141,8 juta dan Rp142,8 juta (on the road DKI Jakarta).
 
Lantas di tahun 2020, DFSK santer terdengar rumor akan menghadirkan kendaraan komersial berupa van yang memiliki kemampuan amfibi layaknya APV dan Formo. Meski secara ukuran van biasanya lebih besar dari pada MPV, lantas seberapa jauh van miliki DFSK ini bisa berbicara kelak di kerasnya pasar otomotif Indonesia?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif