Aviar R67 bertenaga listrik. Aviar Motors
Aviar R67 bertenaga listrik. Aviar Motors

Mobil listrik

Aviar Suntik Teknologi Mobil Listrik di Ford Mustang Fastback

Otomotif ford mobil listrik
Ekawan Raharja • 28 April 2020 17:45
Rusia: Muscle car khas Amerika Serikat sempat menjadi primadona bagi industri otomotif beberapa puluh tahun silam. Kini Aviar Motors mencoba kembali bernostalgia dengan model klasik satu ini namun diramu dengan teknologi yang jauh lebih modern.
 
Merek asal Rusia ini membangun R67 dengan mengambil rancang bangun Ford Mustang Fastback 1967 nan legendaris. Tetapi mereka meninggalkan mesin V8 yang menjadi ciri khasnya, berganti dengan teknologi mobil listrik berupa kombinasi motor listrik dan baterai.
 
Desain rangka yang digunakan memang sama persis dengan Mustang Fastback, tapi ada sejumlah ubahan yang dilakukan. Seperti penggunaan bahan serat karbon di sasis monokok untuk mengurangi bobot body mobil.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aviar Suntik Teknologi Mobil Listrik di Ford Mustang Fastback
 
Selain itu penguatan rancang bangun juga dilakukan karena tenaga yang disemburkan mobil ini akan jauh meningkat. Sampai-sampai sejumlah bagian di sesuaikan, khususnya untuk peletakan baterai dan motor listrik sebagai komponen utamanya.
 
Nah untuk teknologi mobil listrik yang digunakan, Aviar Motors mengakui mencangkok teknologi yang sama persis dengan Tesla Model S. Si cantik Mustang Fastback ini mendapatkan baterai, motor listrik, girboks, suspensi, kabel-kabel, dan perangkat kelistrikan dari Tesla.
 
Berkat motor listrik yang digunakan, tenaga R67 bisa menembus 840 daya kuda dengan akselerasi 0-100 kilometer per jam tembus 2,2 detik, dan kecepatan puncaknya mencapai 250 kilometer per jam. Baterai 100 kWh yang digunakan ini juga mampu mengantarkan mobil ini berjalan sejauh 507 kilometer.
 
Aviar Suntik Teknologi Mobil Listrik di Ford Mustang Fastback
 
Tidak hanya sekadar itu saja, Aviar Motors juga menyematkan sejumlah fitur canggih yang tidak ada di zaman 1960-an silam. Seperti audio dengan 7 speakers, wifi, radio satelit, GPS, keyless entry, voice control, head unit layar sentuh 17 inci, jok penghangat, pengatur jok elektrik dengan 12 pengaturan, dan berbagai fitur lainnya.
 
Kemudian mengingat teknologi Model S yang dicangkok, sudah pasti R67 memiliki fitur Autopilot. Pengemudi bisa melepaskan setir selama perjalanan dan membiarkan mobil berjalan secara otomatis.
 
Sangat canggih dan futuristik. Jadi kalau boleh pilih, bisa memiliki R67 yang canggih atau Mustang Fastback yang klasik?
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif