Lukisan Mayjen (Purn) Ursinus Elias Medellu. Korlantas
Lukisan Mayjen (Purn) Ursinus Elias Medellu. Korlantas

Sejarah Otomotif

Pernah Dapat Surat Tilang? Ini Dia Pencipta Surat Tilang di Indonesia

Ekawan Raharja • 24 September 2022 09:00
Jakarta: Pasti banyak para pengguna kendaraan bermotor yang pernah merasakan mendapatkan surat tilang. Namun Tahukah kamu sejarah surat tilang di Indonesia dan siapakah pencetusnya?
 
Dia adalah Mayjen (Purn) Ursinus Elias Medellu yang pernah menjabat sebagai Direktur Lalu Lintas pada rentang waktu 1965 hingga 1972. Melalui idenya pula kemudian lahir surat tilang serta Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan legalitas kepemilikan kendaraan.
 
Latar belakang lahirnya sistem surat tilang ini dimulai sejak tahun 1960-an, permasalahan lalu lintas mulai terasa meningkat ditandai meningkatnya frekuensi pelanggaran lalu lintas. Nampaknya masalah ini cukup merisaukan, terlebih para aparat penegak hukum.
 
Dipandang dari segi sarana penindakan tampak memang kurang efektif. Tahun 1969 dibentuk team untuk merumuskan sistem penindakan pelanggaran lalu lintas yang praktis dan cepat.
 
Ursinus Elias Medellu bersama dengan Jenderal Memet Tanu Miharja, dan Letkol Pol Drs. Basirun menjadi tim perumus mewakili Pihak Polri. Akhirnya pada pada tanggal 11 Januari 1971 lahir Surat Keputusan Bersama antara Ketua Mahkamah Agung No. 001/KMA/71, Jaksa Agung No. 002/DA/1971, Kepala Kepolisian Republik Indonesia No. 4/SK/Kapolri/71 dan Menteri Kehakiman No. JS/1/21 yang mengesahkan berlakunya Sistem Tilang untuk pelanggaran lalu lintas.
 
Mulai tahun 1971 mulailah pelanggaran lalu lintas ditindak dengan tiket sistem yang dikenal dengan bukti pelanggaran disingkat tilang. Hingga saat ini, atau 50 tahun lebih, sistem tilang masih berlaku dan dikembangkan oleh pihak kepolisian.
 
Saat ini sistem tilang semakin dibuat lebih modern dan mulai digunakan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. ETLE merupakan sistem yang akan mencatat, mendeteksi, dan memotret pelanggaran di jalan raya melalui kamera CCTV. Nantinya para pelanggar lalu lintas akan dikirimkan surat pemberitahuan apabila melakukan pelanggaran sesuai dengan alamat yang tercatat oleh pihak kepolisian.

 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif