Special display mobil balap F1 RB16B tersebut ditampilkan dalam skala 1:1 yang digunakan pada musim balap F1 tahun 2021. Honda
Special display mobil balap F1 RB16B tersebut ditampilkan dalam skala 1:1 yang digunakan pada musim balap F1 tahun 2021. Honda

GIIAS 2022

Intip Teknologi Mesin Turbo Hybrid Honda, Tembus 900 DK

Ekawan Raharja • 21 Agustus 2022 17:00
BSD City: Teknologi hybrid merupakan salah satu dari elektrifikasi yang sudah mulai banyak dipasarkan di Indonesia. Namun bagaimana jadinya apabila sebuah mesin turbo dikombinasikan dengan hybrid?
 
Teknologi ini ada di mobil Formula 1 (F1) milik tim Red Bull Racing Honda dan sudah ditampilkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Special display mobil balap F1 RB16B tersebut ditampilkan dalam skala 1:1 yang digunakan pada musim balap F1 tahun 2021.
 
Tim ini menggunakan sasis mobil dengan kode RB16B serta menggunakan mesin turbo hybrid Honda berkode RA621H. Mesin turbocharged ini mempunyai kapasitas mesin 1.600 cc, berinjeksi segaris, enam silinder (V6), dilengkapi dengan Honda kinetic and thermal energy recovery system sehingga dapat menghasilkan tenaga maksimum 900 daya kuda (dk) serta putaran mesin maksimum 15.000 rpm.
 
Jenama asal Jepang ini mulai mengembangkan mesin balap berteknologi turbo hybrid untuk ajang balap F1 sejak tahun 2014, seiring dengan regulasi teknis di ajang balap yaitu mesin balap berteknologi turbo hybrid menggunakan mesin turbocharged berkapasitas 1.6 Liter, berinjeksi segaris, enam silinder (V6). Mesin balap tersebut juga dilengkapi dengan komponen kinetic and thermal energy recovery system (motor electric).
 
Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, mengatakan “Mobil F1 yang kami tampilkan merupakan wujud dari kombinasi antara kecintaan terhadap dunia balap dan visi untuk mengembangkan mesin yang lebih ramah lingkungan. Kesuksesan tim Red Bull Racing Honda yang menjadi juara dunia dengan menggunakan mobil ini menjadi bukti bahwa mesin turbo hybrid yang ramah lingkungan juga dapat menghasilkan performa luar biasa yang selalu menjadi karakter mesin-mesin kami.”
 
Pada akhir tahun 2021, tim kemudian berhasil meraih gelar juara dunia untuk kategori pembalap yang dipersembahkan oleh Max Verstappen. Gelar juara dunia ini merupakan yang pertama kalinya di era balap F1 modern atau era F1 turbo hybrid, dan pertama kali sejak terakhir kali meraih gelar juara dunia di tahun 1991 atau tepat 30 tahun silam.
 
Special display mobil balap F1 RB16B yang ditampilkan kali ini menggunakan livery khusus dengan corak warna putih dan merah serta bertuliskan kata-kata “?????/ Arigatou” dalam bahasa Jepang atau Terima Kasih dalam bahasa Indonesia. Livery khusus ini disiapkan sebagai bentuk ungkapan rasa terima kasih sekaligus perpisahan kepada para penggemar balap khususnya ajang balap F1.
 
Setelah mundur dari F1 pada akhir tahun 2021, Honda kemudian menunjuk Honda Racing (HRC) dalam melanjutkan peran di ajang balap F1 untuk mengembangkan serta menyuplai mesin balapnya kepada tim Red Bull Racing dan Scuderia Alpha Tauri mulai tahun 2022 ini. Pada awal Agustus 2022 ini, perusahaan dan Red Bull telah mengumumkan untuk melanjutkan kerjasama dalam bidang teknis dimana HRC memutuskan untuk mensuplai mesin balap (power unit) untuk kedua tim hingga akhir tahun 2025.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id

(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif