Nissan beberkan sejumlah kiat agar konsumen mereka kembali datang ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan mobil. NIssan
Nissan beberkan sejumlah kiat agar konsumen mereka kembali datang ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan mobil. NIssan

Cara Nissan Gaet Konsumen Servis ke Bengkel Resmi

Otomotif mudik lebaran nissan Mudik Lebaran 2019
Ekawan Raharja • 28 Mei 2019 11:28
Jakarta: Banyak konsumen pembeli mobil baru yang masih enggan untuk kembali melakukan servis di bengkel resmi dengan berbagai alasan. Kondisi yang coba diperbaiki oleh Nissan agar konsumen mereka kembali datang ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan mobil.
 
Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia, Isao Sekiguchi, menjelaskan akan terus berusaha untuk meningkatkan pelayanan mereka terhadap konsumen, termasuk di sektor purna jual. Perusahaan asal Jepang ini sudah memiliki sejumlah strategi untuk membuat konsumen mereka datang berkunjung ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan atau perbaikan.
 
"Kami akan terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kepada konsumen karena bagi kita konsumen adalah fokus utama di rencana dan pelayanan kita," ungkap Isao Sekiguchi Senin Malam (28/5/2019) di Chassis Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara Nissan Gaet Konsumen Servis ke Bengkel Resmi
 
Di mulai dari program Nissan Care Package untuk konsumen All New Livina, Nissan Xtrail, dan Nissan Terra. Program ini akan membuat pelanggan akan menerima servis dan suku cadang gratis selama 50.000 kilometer atau empat tahun (mana yang tercapai lebih dahulu), sesuai dengan jadwal regular check-up mobil. Selain itu konsumen juga akan mendapatkan jaminan ketersediaan suku cadang 1x24 jam atau gratis, sampai layanan mobil pengganti untuk servis lebih dari 1x24 jam.
 
Program serupa juga sudah diterapkan oleh Mitsubishi dengan program paket Smart Gold yang diberikan Mitsubishi Indonesia untuk semua pembeli Xpander. Nantinya konsumen akan mendapatkan bebas jasa dan suku cadang untuk servis berkala selama 50 ribu kilometer atau tiga tahun.
 
Isao Sekiguchi juga menjelaskan program ini awalnya mengadopsi dari program di Jepang dengan nama Maintenance Professional Package. Efeknya cukup berhasil di Jepang dan membuat konsumen Nissan kembali lagi melakukan servis di bengkel resmi.
 
Cara Nissan Gaet Konsumen Servis ke Bengkel Resmi
 
"Di jepang itu, sebelum ada program ini persentasi konsumen yang kembali ke dealer kurang dari 70 persen. Di Jepang kalau kurang dari 70 persen berarti cukup rendah. Nah setelah ada, ternyata persentasi yang balik jadi 95 persen dan ini yang coba NMI terapkan di Indonesia," sambung Isao Sekiguchi.
 
Kemudian cara lain menarik konsumen datang kembali ke dealer dengan menerapkan konsep baru Nissan-Datsun Retail Concept di dealer. Konsep ini adalah konsep terbaru dealer dengan fasilitas dan layanan yang diklaim lebih premium. Ada sejumlah standar fasilitas yang harus disiapkan oleh dealer sehingga membuat konsumen betah dan nyaman selama di dealer.
 
Tidak ketinggalan di momen lebaran ini, Nissan dan Datsun menyediakan layanan Posko Mudik, Mobil Siaga dan Bengkel Siaga dan Siaga+ selama periode libur Lebaran dari 31 Mei hingga 9 Juni 2019. Rest point mobil asal Jepang ini memberikan pelanggan layanan 24 jam dengan fasilitas seperti pemeriksaan mobil gratis, mobil layanan dalam kondisi darurat gratis, area bermain anak-anak, dan WiFi gratis di empat lokasi padat arus mudik, yaitu di Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Kanci KM 207A, Rest Area Tol Kanci 208B dan SPBU Banyuglugur Situbondo.
 
Cara Nissan Gaet Konsumen Servis ke Bengkel Resmi
 
Selain itu, kendaraan-kendaraan Nissan Datsun Mobile Siaga akan menyediakan layanan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu di Pamanukan, Tegal, Buntu, Nagreg dan Caruban dari 1 hingga 9 Juni 2019, sedangkan layanan Nissan ERA (emergency roadside assistance) akan tetap tersedia di Jakarta, Bandung, Surabaya, Cirebon, Semarang, Yogya, Bali dan Medan.
 
Bengkel-bengkel Nissan Datsun pun sebagian tetap buka; Bengkel Siaga dan Bengkel Siaga+ yang tersedia di 26 lokasi di Sumatra, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi, akan membantu pelanggan yang membutuhkan layanan segera pada jam kerja selama libur Lebaran.
 
Momen program mudik ini jelas dilakukan oleh merek-merek lain juga seperti Mitsubishi, Toyota, Suzuki, DFSK, Wuling Motors, sampai Honda untuk memastikan kelancaran mudik. Selain itu program ini juga bisa menjadi contoh bagaimana pelayanan dari bengkel resmi, sehingga konsumen diharapkan bisa lebih paham kualitas layanan di bengkel resmi, dan kembali berkunjung ke bengkel resmi.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif