Jakarta: Pasar otomotif di Indonesia merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan akibat pandemi Covid-19. Namun perlahan, pasar kembali membaik dan tumbuh sehingga memberikan angin segar bagi para pemain di pasar ini.
Division Head Marketing & Customer Relation Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan pasar otomotif terus mengalami pertumbuhan mulai semester kedua berlangsung. Sehingga ini menjadikan indikasi pasar otomotif akan pulih secara perlahan meski di tahun depan belum akan mencapai performa yang sama seperti sebelum pandemi.
"Kita sudah memprediksi di awal, pasar otomotif akan membuat kurva V atau mungkin U, dan ini sudah terjadi. Kami berharap pasar otomotif bisa terus tumbuh dan ditutup dengan senyum di tahun ini," ungkap Hendrayadi Lastiyoso Kamis (17/12/2020) melalui jumpa pers virtual.
Hendrayadi membeberkan untuk total penjualan retail Januari hingga akhir November 2020, pasar otomotif sudah berhasil menjual 509.667 unit. Tentu saja kalau dibandingkan dengan kondisi year on year di tahun lalu, terjadi penurunan sekitar 46 persen dimana tahun lalu sukses menjual 942.177 unit.
Kemudian untuk melihat performa penjualan berdasarkan para pemain di dalamnya, Daihatsu menjadi merek nomor 2 terbanyak yang menjual mobil dengan retail salesnya di 90.823 unit. Penjualannya masih berada di bawah Toyota yang berhasil menjual 160.354 unit dan mengungguli Honda yang hanya menjual 69.564 unit.
Secara bulanan, penjualan Jenama asal Jepang ini pada November mencapai 9.200 unit, atau mengalami peningkatan sekitar 13 persen dibandingkan pada Oktober lalu sejumlah 8.135 unit. Penjualan ini secara umum didukung oleh tiga volume maker yakni Sigra sebanyak 2.321 unit, Terios 1.298, dan Gran Max MB 1.006 unit.
“Kami bersyukur, hingga November penjualan tetap mencatatkan hasil positif, didukung dengan pasar otomotif yang menunjukkan pemulihan secara perlahan. Kami berharap, tren peningkatan dan kondisi ini dapat terus kondusif, sehingga pasar otomotif yang menjadi salah satu industri penting penggerak perekonomian di Indonesia dapat bergairah kembali,” ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di kesempatan yang sama.
Jakarta: Pasar otomotif di Indonesia merupakan salah satu sektor yang terdampak cukup signifikan akibat pandemi Covid-19. Namun perlahan, pasar kembali membaik dan tumbuh sehingga memberikan angin segar bagi para pemain di pasar ini.
Division Head Marketing & Customer Relation Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan pasar otomotif terus mengalami pertumbuhan mulai semester kedua berlangsung. Sehingga ini menjadikan indikasi pasar otomotif akan pulih secara perlahan meski di tahun depan belum akan mencapai performa yang sama seperti sebelum pandemi.
"Kita sudah memprediksi di awal, pasar otomotif akan membuat kurva V atau mungkin U, dan ini sudah terjadi. Kami berharap pasar otomotif bisa terus tumbuh dan ditutup dengan senyum di tahun ini," ungkap Hendrayadi Lastiyoso Kamis (17/12/2020) melalui jumpa pers virtual.
Hendrayadi membeberkan untuk total penjualan retail Januari hingga akhir November 2020, pasar otomotif sudah berhasil menjual 509.667 unit. Tentu saja kalau dibandingkan dengan kondisi year on year di tahun lalu, terjadi penurunan sekitar 46 persen dimana tahun lalu sukses menjual 942.177 unit.
Kemudian untuk melihat performa penjualan berdasarkan para pemain di dalamnya, Daihatsu menjadi merek nomor 2 terbanyak yang menjual mobil dengan retail salesnya di 90.823 unit. Penjualannya masih berada di bawah Toyota yang berhasil menjual 160.354 unit dan mengungguli Honda yang hanya menjual 69.564 unit.
Secara bulanan, penjualan Jenama asal Jepang ini pada November mencapai 9.200 unit, atau mengalami peningkatan sekitar 13 persen dibandingkan pada Oktober lalu sejumlah 8.135 unit. Penjualan ini secara umum didukung oleh tiga volume maker yakni Sigra sebanyak 2.321 unit, Terios 1.298, dan Gran Max MB 1.006 unit.
“Kami bersyukur, hingga November penjualan tetap mencatatkan hasil positif, didukung dengan pasar otomotif yang menunjukkan pemulihan secara perlahan. Kami berharap, tren peningkatan dan kondisi ini dapat terus kondusif, sehingga pasar otomotif yang menjadi salah satu industri penting penggerak perekonomian di Indonesia dapat bergairah kembali,” ujar Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di kesempatan yang sama.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(ERA)