e-AMMDes muncul perdana di IEMS 2019. Edo
e-AMMDes muncul perdana di IEMS 2019. Edo

Mobil Listrik

Komponen Lokal e-AMMDes Tembus 70 Persen

Otomotif mobil listrik AMMDes
Ekawan Raharja • 09 September 2019 13:58
Jakarta: e-AMMDes merupakan sebuah alat multiguna untuk transportasi yang dikembangkan oleh anak bangsa. Bahkan untuk tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) e-AMMDes terbilang cukup tinggi memaksimalkan penggunaan komponen lokal.
 
Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika, mendukung untuk pengembangan e-AMMDes yang kini sudah ramah lingkungan nol emisi gas buang. Pemerintah berkomitmen untuk terus memberikan dukungan nyata dalam program pengembangan e-AMMDes. Misalnya, terhadap upaya pengoptimalan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN).
 
"AMMDes-nya sendiri telah memiliki tingkat kandungan komponen lokal yang cukup tinggi, dengan mencapai 70 persen," Putu Juli Ardika melalui keterangan resminya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagai alat kerja multiguna, e-AMMDes dirancang dengan fungsi beragam misalnya menjadi alat transportasi untuk mobilisasi hasil-hasil pertanian dari desa ke kota, serta fungsi alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan ekonomi di pedesaan yang lebih efisien dan ramah lingkungan. Apalagi, ketahanan pangan dan energi menjadi salah satu prioritas dalam industri Indonesia.
 
Komponen Lokal e-AMMDes Tembus 70 Persen
 
“Hal itu sejalan dengan salah satu butir Nawacita pemerintah untuk membangun Indonesia dari pinggiran, serta mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor-sektor strategis. Pengutamaan produk lokal menjadi bagian usaha memperkuat ketahanan nasional,” imbuhnya.
 
Bahkan, pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Regulasi ini akan memperdalam struktur dan memacu daya saing industri nasional melalui peningkatan konten lokal dan menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan.
 
Presiden Direktur PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia, Reiza Treistanto, menyampaikan e-AMMDes akan dilengkapi dengan aplikasi Smart dashboard, yang berfungsi menampilkan aneka informasi kepada orang yang mengoperasikannya. “Informasi yang ditampilkan itu antara lain kecepatan, jarak tempuh, status baterai, dan status motor. Smartdashboard juga berfungsi sebagai pengaman e-AMMDes,” sebutnya.
 
Reiza menerangkan, tanpa Smartdashboard terpasang, e-AMMDes tidak akan dapat dioperasikan. Smartdashboard dibangun dari smartphone, sehingga memiliki fungsi ganda. “Ketika tidak terpasang di e-AMMDes, Smartdashboard akan memiliki fungsi seperti smartphone,” jelasnya.
 
Kemudian, apabila terpasang di e-AMMDes, sebagian fungsi smartphone-nya masih dapat digunakan, seperti internet dan peta, dan disesuaikan pula dengan peraturan berkendara yang berlaku. "Smartdashboard dengan dual functions ini juga dapat digunakan untuk penerapan Internet of Things pada e-AMMDes. Beragam fungsi dan sistem dapat ditambahkan pada e-AMMDes dengan Smartdashboard-nya," tandasnya.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif