Baidu bekerja sama dengan Geely dan Toyota. (AFP PHOTO / STR / China OUT)
Baidu bekerja sama dengan Geely dan Toyota. (AFP PHOTO / STR / China OUT)

Baidu Gandeng Raksasa Otomotif untuk Teknologi Otonom

Otomotif toyota teknologi otomotif mobil listrik baidu geely
Ekawan Raharja • 10 Juli 2019 15:35
Beijing: Pengembangan teknologi mobil otonom banyak menarik perhatian berbagai kalangan, termasuk perusahaan otomotif dan teknologi. Perusahaan pengembangan mesin pencari di internet, Baidu, juga menunjukan ketertarikannya dengan teknologi mobil tanpa supir tersebut.
 
Keseriusan pengembangan mobil tanpa supir ini ditunjukan melalui kerja sama dengan Zhejiang Geely Holding Group dan Toyota Motor Corporation. Diharapkan kerja sama ini bisa menghadirkan teknologi kecerdasan buatan dan mempercepat mobil yang bisa berjalan sendiri.
 
Kedua merek otomotif asal Asia ini bergabung ke proyek Apollo, sebuah platform mobil otonom yang dikembangan Baidu. Nantinya rival Google dari Tiongkok ini akan hadirkan Apollo Minibus, sebuah perangkat lunak untuk kendaraan otonom di bus, sehingga dijadikan dasar bagi Toyota untuk mobilnya di masa depan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vice President of Baidu, Li Zhenyu, berharap kerja sama dengan Toyota bisa mengolah teknologi mobil otonom lebih jauh lagi.
 
Sedangkan dengan Geely, Baidu akan bekerja sama untuk mengembangkan kecerdasan buatan yang terkait dengan konektivitas dan mobilitas. Pengumuman kolaborasi tiga perusahaan ini dilakukan di acara Baidu Create 2019 di Beijing, China, Senin (8/7) yang dihadiri CEO Baidu Robin Li dan Chairman Geely Li Shufu.
 
Pasar otomotif di Tiongkok sekarang ini adalah negara dengan penjualan otomotif terbanyak di dunia. Baidu juga telah mengantongi izin menguji mobil otonom di Beijing pada Maret 2019. Artinya kerja sama ini bisa memuluskan langkah Baidu merajai mobil nirsopir menyaingi Google di masa depan.
 
Google juga tidak diam begitu saja dan terus mengembangkan mobil tanpa supir atau mobil otonom. Hingga saat ini, Google mengembangkan teknologi self-driving cars dengan mengumpulkan berbagai data. Mulai dari kebiasaan pengemudi, mengidentifikasi pola perilaku pengemudi di berbagai kondisi jalan.
 
Perkembangan terakhir, mobil masa depan tersebut akan dibekali dengan fitur klakson otomatis. Klakson akan berbunyi sendirinya dalam berbagai situasi jalanan. Namun Google masih menimbang untuk pengemudi dapat mengendalikan klakson, sesuai dengan pengamatan mereka.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif