Selusupan pakai Honda Civic Turbo RS di Jakarta dan Tangerang Selatan. medcom.id/Ahmad Garuda
Selusupan pakai Honda Civic Turbo RS di Jakarta dan Tangerang Selatan. medcom.id/Ahmad Garuda

Test Drive

'Selusupan' Pakai Versi Road Sailing Honda Civic Turbo

Otomotif mobil baru test drive honda mobil
Ahmad Garuda • 19 Februari 2020 21:00
Jakarta: Menyelusup di jalan perkotaan hingga jalan bebas hambatan dengan kendaraan mumpuni, memang selalu mengasikkan. Salah satunya yang kami lakukan hari ini Rabu (19/2/2020) menggunakan versi Road Sailing alias RS dari Honda Civic Turbo.
 
Varian terbaru dari Civic generasi ke-10 itu memang memiliki performa yang cukup memukau, lantaran mampu menyemburkan tenaga sebesar 173 PS dari mesin berkapasitas 1,500 liter VTEC berkomponen turbocharged, meluncur di awal Februari lalu.
 
"Senang rasanya bisa mengajak teman-teman untuk merasakan performa Civic Turbo versi RS yang baru kami luncurkan beberapa waktu lalu. Tentu ini adalah momen yang unik, karena bukan hanya varian RS dari Civic Turbo yang kami tunjukkan, namun juga semua varian RS dari tipe lain bisa dieksplorasi secara visual," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy saat berbicara kepada medcom.id pada Rabu (19/2/2020).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


'Selusupan' Pakai Versi Road Sailing Honda Civic Turbo
 
Adapun jalur pengujian versi RS ini dipilih melalui rute yang cukup padat Jakarta, lalu jalan bebas hambatan hingga kawasan hunian elit di bilangan BSD. Di sini peserta dibebaskan memilih jalur namun diberikan batasan waktu sampai di lokasi. Berangkat dari kawasan SCBD, Jakarta dan berakhir di bilangan Senayan.
 
Rigid, Nyaman dan Kedap
Salah satu fitur yang membuat kami langsung merasa bahwa mobil ini berbeda dari hatchback premium lainnya adalah karena bagian kaki-kaki yang cukup rigid. Kondisi ini membuat pengemudi bisa lebih merasakan kondisi jalan sebenarnya meski dalam kecepatan yang tinggi sekalipun.
 
Uniknya, tidak membuat feeling berkendara jadi lebih kasar di jalan bergelombang dan tidak rata. Lantaran kombinasi setelan yang sangat baik di sistem peredaman, bekerja dengan sangat baik. Sehingga tetap nyaman bagi pengemudi maupun penumpang yang ada di dalamnya.
 
Bagian lain yang membuatnya lebih nyaman adalah soal kekedapan suara dalam kabin yang lebih baik. Meski mesin cenderung mengaum ketika mode sport diaktifkan melalui tuas transmisi, namun suara yang masuk ke kabin masih sangat lembut.
 
'Selusupan' Pakai Versi Road Sailing Honda Civic Turbo
 
Performa dan Fitur Mumpuni
Menjajalnya di jalan bebas hambatan, menjadi kesenangan tersendiri bagi kami. Mengingat dalam kondisi jalan seperti itu, kenyamanan dalam bermanuver, lalu traksi dan respon agresif ketika diajak ngebut, sangat baik.
 
Namun ketika diajak macet-macetan pun, mobil ini tetap memberikan kenyamanan tingkat tinggi. Pindah tuas transmisi ke posisi D, maka mobil ini sontak berubah menjadi sosok kendaraan yang bawaannya tenang.
 
'Selusupan' Pakai Versi Road Sailing Honda Civic Turbo
 
Kekurangan
Jika dibandingkan dengan beberapa rivalnya atau mobil-mobil yang bermain di harga lebih dari Rp400 juta seperti Volkswagen Golf, R atau Renault Megane RS, maka kami menganggap terdapat beberapa kekurangan yang mungkin bisa ditinjau ulang. Di antaranya adalah material kabin yang materialnya terkesan nanggung, meski ini terkesan cukup subyektif.
 
Lalu ada juga fitur cruise control yang harusnya sudah disiapkan dalam versi adaptive. Kemudian ruang mesin yang terlihat masih berantakan yang harusnya bisa dibuat lebih rapi dengan memberikan engine cover.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif