Perhatikan 5 Hal ini Agar Tak Menyesal Beli Mobil Bekas. Medcom.id/ M. Bagus Rachmanto
Perhatikan 5 Hal ini Agar Tak Menyesal Beli Mobil Bekas. Medcom.id/ M. Bagus Rachmanto

Perhatikan 5 Hal ini Agar Tak Menyesal Beli Mobil Bekas

Cindy • 23 Desember 2021 17:25
Jakarta: Sebagian orang memilih membeli mobil bekas karena berpotensi mendapat kualitas mobil yang baik dengan harga murah. Tapi, jangan terburu-buru membeli mobil bekas agar tak menyesal. 
 
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil bekas, di antaranya bodi, mesin, hingga kelengkapan dokumen. Dengan begitu, mobil yang Anda beli tidak bikin repot di kemudian hari.
 
Lantas apa saja yang harus diperhatikan agar tidak dibohongi penjual mobil bekas? Berikut 5 hal yang harus Anda perhatikan agar tidak menyesal beli mobil bekas dilansir dari berbagai sumber:

1. Sesuaikan budget

Sebelum membeli mobil bekas, tentu Anda harus mengetahui berapa rentan harga mobil yang ingin Anda beli. Sehingga Anda bisa merencanakan skema pembayaran sejak awal dan tidak akan menganggu keuangan Anda. 

2. Kelengkapan dokumen mobil

Hal pertama yang harus menjadi perhatian adalah kelengkapan surat kendaraan atau dokumen mobil yang akan Anda beli. Dokumen berupa BPKB, STNK, dan faktur pembelian harus asli.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cek fisik nomor mesin dan rangka mobil di Samsat. Hal ini untuk mengetahui keabsahan fisik dan dokumen mobil sesuai. 
 
Baca: Biar Mobil Lama Dihargai Tinggi? Begini Triknya

3. Cek fisik kendaraan

Pastikan badan mobil tidak penyok atau ada bekas tabrakan. Periksa lipatan-lipatan pintu mobil dan kap mesin. Jika seal asli masih ada, kendaraan berarti tidak pernah mengalami tabrakan parah.
 
Kemudian, cek karpet mobil. Hal ini untuk melihat apakah mobil pernah terendam banjir atau tidak. Mobil yang pernah terendam banjir akan berkarat dan terdapat kotoran di celah-celah lipatan. Karat itu tak bakal hilang meski mobil telah dibawa ke salon mobil.

4. Cek interior mobil

Pastikan interior mobil masih mendukung kenyamanan Anda saat berkendara, serta pastikan interior masih dalam keadaan asli. Mobil bekas yang memiliki interior asli akan memiliki nilai lebih tinggi dbanding mobil bekas custom. 
 
Pastikan juga dashboard mobil tidak ada yang pecah atau retak. Selain itu, setir, plafon, serta jok mobil juga harus dalam kondisi utuh dan bersih.

5. Cek kondisi mesin kendaraan

Pastikan mesin kendaraan dalam keadaan kering, tidak ada oli yang menetes atau rembes. Kondisi mesin yang muncul tetes oli dipastikan akan butuh perbaikan segera.
 
Apabila Anda kurang yakin, disarankan memanggil montir untuk memeriksa kondisi mesin lebih lanjut. Jika semua pemeriksaan Anda tak menemukan masalah, selanjutnya masuk ke tahap akhir, yakni test drive. Hal ini untuk mencoba peforma mesin dan kaki-kaki.
 
Baca: 5 Tips Jitu Beli Mobil Lelang untuk Pemula
 
(CIN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif