Pontiac Deluxe Six berjuluk mobil hantu. Autoevolution
Pontiac Deluxe Six berjuluk mobil hantu. Autoevolution

Mobil Klasik

Pontiac Deluxe Six, Si Mobil Hantu

Otomotif mobil klasik
Ekawan Raharja • 30 Juni 2020 07:52
New York: General Motors (GM) merupakan salah satu grup otomotif yang sudah lama bertahan dan melahirkan ratusan model mobil dengan berbagai macam merek. Salah satu yang akan dibahas kali ini adalah Pontiac Deluxe Six.
 
Mobil produksi 1939 ini cukup unik karena body-nya tidak menggunakan bahan utama logam. Pontiac malah memilih menggunakan bahan plastik, lebih tepatnya plexiglass, sehingga tampilan body menjadi transparan alias tembus pandang.
 
Merek khas Amerika Serikat itu membuatnya sedemikian rupa agar bahan plastik yang digunakan bisa dibentuk mengikuti desain dan lekukan body. Setelah semua terpasang, eksterior dibiarkan transparan agar unik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Karena desainnya yang unik dan transparan ini, kemudian orang-orang menjulukinya mobil hantu. Hal ini dikarenakan ketika mobil berjalan, penumpang di dalamnya seperti melayang di atas jalan, khususnya ketika di malam hari.
 
GM menghadirkan mobil ini karena di era 1939-1940 sedang mempersiapkan pameran otomotif kelas dunia di New York, Amerika Serikat. Kala itu mereka ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dan akhirnya tercetus lah ide nyeleneh ini.
 
Deluxe Six nyatanya cukup menarik perhatian dan kerap menghiasi diler-diler resmi Pontiac secara bergantian. Bahkan terakhir diketahui mobil itu terpajang di sebuah lembaga di Amerika Serikat sampai tahun 1947.
 
Kini si Mobil Hantu kembali lagi ke permukaan pada 2011 di acara lelang RM Sotheby. Saat itu, mobil ditawarkan USD 308 ribu atau setara Rp 4,3 miliar.
 
Uniknya mobil itu di lelang dengan status barang koleksi, bukan sebagai kendaraan. Hal ini dikarenakan mobil tersebut tidak memiliki nomor serial (vehicle identification number/VIN) seperti mobil lainnya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

1593070590673

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif