Andrey Kirginov diskualifikasi usai tabrak penonton. RedBull
Andrey Kirginov diskualifikasi usai tabrak penonton. RedBull

Pereli Tim Kamaz Diskualifikasi Usai Tabrak Penonton

Otomotif balap mobil dakar rally
Ahmad Garuda • 13 Januari 2019 08:15
Peru: Pereli tim Kamaz, Andrey Karginov didiskualifikasi dari balapan Dakar Rally 2019 karena menabrak seorang penonton. Peristiwa tersebut terjadi di etape kelima dari Moquegue ke Arequipa pada Jumat (11/1/2019) karena Karginov memasuki zona spetator (penonton).
 
Akibatnya beberapa orang penonton yang berada di tengah-tengah, berlarian dan terdapat satu orang yang terlambat mengantisipasi datangnya truk tersebut. Ia jatuh hingga kaki kirinya terlindas truk Kamaz yang dikemudikan Karginov. Penonton tersebut menderita patah tulang paha dan langsung dilarikan ke rumah sakit Arequipa.
 
Meski demikian, Karginov dibiarkan untuk terus melanjutkan balapan untuk menghindari terjadinya amuk massa. "Pereli tersebut kami suruh untuk tetap melanjutkan perjalanan dan tidak berhenti melihat penonton yang terluka itu," tulis pernyataan resmi dari penyelenggara balapan ini, ASO.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pereli Tim Kamaz Diskualifikasi Usai Tabrak Penonton
 
Di garis finis, ternyata ASO memutuskan untuk memberikan sanksi diskualifikasi terhadap pereli yang menjuarai kelas truk di Dakar Rally 2014 itu. Hal ini dinilai oleh bos tim Kamaz Racing, Vladimir Chagin, terlalu berlebihan. Ia menegaskan bahwa perelinya itu tak tahu bahwa Ia menginjak seorang penonton.
 
"Banyak penonton yang berada di rute. Dan bagian yang tersulit adalah menghindari mereka yang memisahkan diri dari garis aman yang tetapkan. Seperti yang dialami Karginov, terdapat 5 penonton yang berada di jalur truk. Empat di antaranya berhasil menghindar dan satunya lagi terjebak di pasir dan akhrinya terinjak ban belakang truk sebelah kiri," klaim Chagin.
 
Chagin menegaskan bahwa mereka kaget dengan keputusan yang dikeluarkan ASO, mengingat ini tidak murni kesalahan yang mereka lakukan. Patut disayangkan, karena mereka tidak bisa protes saat balapan berlangsung. Mereka hanya bisa protes ketika balapan berakhir nanti.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif