Kenali Ciri Master Rem Mobil Mulai Rusak
Master rem mobil rusak sebabkan rem blong. DoItYourself
Jakarta: Ada kalanya fungsi rem tidak optimal, mulai dari pedal rem yang terasa keras, rem mobil yang kurang begitu pakem, hingga pedal rem mobil terasa bergetar saat melakukan pengereman.

"Penyebab pertamanya adalah master rem yang sudah rusak karena karet sil bocor. Alhasil minyak rem tidak maksimal menekan piston kaliper," ujar Toha, mekanik yang praktik di bengkel mobil Pitstop di Jakarta Timur, kepada Medcom.id di Jakarta, beberapa waktu lalu.
 
Lebih lanjut Toha menerangkan, penggunaan kampas rem dengan kualitas rendah dan yang terlalu banyak kandungan metal juga berpengaruh terhadap sistem pengereman. Akibatnya bisa merusak cakram dan lebih cepat terkikis serta bergelombang.

Agar rem tidak blong, Anda disarankan untuk rutin memeriksa kondisi minyak rem. Jika volume berkurang, mungkin karena kampas rem mulai menipis atau terjadi kebocoran cairan di sistem rem.

"Sebaiknya Anda memeriksa kondisi di sekitar tabung minyak rem dan master rem jika berhadapan dengan masalah tersebut. Buka penutup tabung minyak rem lalu lihat volume dan kondisinya," tutup Toha.


Tanda-tanda master rem mulai bermasalah/rusak yakni ketika minyak rem di tabung master rem sering menyusut. Selain itu tanda-tanda terlihat saat pedal rem semakin dalam ketika diinjak, dan Anda harus berulangkali menginjak atau mengocok pedal agar rem lebih pakem.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id