BlackBerry percepat pembuatan mobil otonom. phys.org
BlackBerry percepat pembuatan mobil otonom. phys.org

BlackBerry Percepat Riset Mobil Otonom

Otomotif blackberry autonomous
Ahmad Garuda • 04 Januari 2019 10:47
Amerika: Riset mobil-mobil otonom (mobil tanpa supir) oleh produsen berbasis teknologi, sudah dilakukan sejak awal era milenium. Bukan hanya Apple, namun BlackBerry pun sudah jauh mengembangkan teknologi tersebut. Meski mandek, namun kii mereka siap gaspol (mempercepat) proses pembuatannya.
 
Sebagaimana disampaikan pihak BlackBerry dalam cuitannya yang diberitakan Antara bahwa mereka ingin mempercepat pengembangan dan pembuatan mobil tanpa supir itu bekerja sama dengan perusahaan mitra mereka asal Jepang.
 
"Dengan antisipasi menuju #Tokyo2020, BlackBerry memperluas ekosistem mitra Jepangnya yang kuat untuk mempercepat pengembangan mobil yang bisa menyetir sendiri," tulis perusahaan asal Amerika itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian dari Inside BlacBerry, pada Kamis (3/1) bahwa proses ini nantinya takkan mudah. Mengingat pengembangan ini akan berlangsung bersamaan dengan pelaksanaan Olimpiade di Jepang pada musim panas 2020. Perusahaan otomotif besar seperti Toyota pun dikatakan sudah siap menjadikan ajang tersebut sebagai ajang pamer mobil-mobil self-driving ke dunia.
 
Bukan tanpa alasan BlackBerry melakukan ini. Pertumbuhan mobil otonom yang bisa terkoneksi antara satu dengan lainnya ini, diperkirakan meningkat cepat selama 15 hingga 20 tahun ke depan. Sebagian besar berasal dari wilayah Asia Pasifik, diikuti Amerika Utara dan Eropa.
 
Kalau ini terwujud, perusahaan teknologi itu masih punya kesempatan untuk bersaing dengan perusahaan teknologi lain seperti Apple dan Samsung.
 
Mengapa perusahaan mitra asal Jepang yang mereka pilih? Tentu ada alasan tersendiri soal keunggulan dalam desain, teknik dan manufaktur terutama di industri otomotif. Negara ini telah menjadi salah satu dari tiga negara teratas untuk pembuatan mobil sejak tahun 1960-an. Totalnya mencapai hampir 8,5 juta kendaraan diproduksi pada tahun 2017.
 
Sebagai momentum pemanasan, BlackBerry akan hadir di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas mulai 8 - 11 Januari 2019. Apakah di sana mereka bakal memperkenalkan teknologi dan perangkat lunak otomotif canggihnya dipamerkan.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif