Prosedur bengkel harus tetap perhatikan kualitas kontrol hasil pengerjaan. Ade Habibie
Prosedur bengkel harus tetap perhatikan kualitas kontrol hasil pengerjaan. Ade Habibie

Bengkel Mobil

Bengkel 'Branded' Tetap Wajib Terapkan Quality Control

Otomotif bengkel mobil
Ahmad Garuda • 18 Februari 2018 19:15
Jakarta: Bengkel mobil atau motor dengan standar tinggi, biasanya bakal menjadikan kontrol kualitas pengerjaan dengan ketat. Tapi seiring waktu, hal-hal yang biasanya sudah dianggap jadi kebiasaan, kadang terlupakan dan dianggap sepele. Misalnya melakukan penggantian oli di bengkel ganti oli khusus ternama.
 
Lantaran sudah jadi kerjaan rutin, maka ini dianggap sebagai hal yang tak perlu pengecekan ulang sebagai kontrol kualitas pengerjaan. Contoh kasus baru-baru dialami sang pemilik Toyota Camry, Ade Habibie. Ia menuturkan bahwa usai mengganti oli mesin dan transmisi di Super Shop & Drive salah satu bengkel umum ternama, mobilnya malah mengalami masalah di perjalanan.
 
"Tadi pagi ganti oli mesin dan oli matic, saya sengaja ke Super Shop & Drive karena yakin akan lebih bagus. Selesai pengerjaan, saya lalu pulang ke rumah dan belum sampe rumah mobil malah mogok. Pantas di jalan berasa kok ada orang buka kaca nunjuk-nunjuk mobil sebelum lama-lama berasa berat dan rpm tinggi hingga akhirnya enggak mau jalan sama sekali," keluh Ade kepada medcom.id.
Bengkel 'Branded' Tetap Wajib Terapkan <i>Quality Control</i>
Setelah menunggu penanganan resmi dari Super Shop & Drive untuk melakukan derek, lalu mengecek permasalahan utamanya, ternyata penjepit selang oli ke oil cooler dari rumah transmisi, terlepas. Otomatis oli transmisi berkurang cukup banyak. Menurut Ade, bengkel tersebut menambahkan 8 liter oli. Namun penanganan ini masih bersifat sementara, lantaran Ade tak yakin jika transmisi otomatis di mobilnya dalam keadaan baik.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ade pun bakal menempuh penanganan yang lebih mendalam di bengkel resmi Toyota Auto2000. "Pastinya saya akan minta untuk bongkar sistem transmisi, biar bisa dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Karena kalau sistem ini yang kena masalah, maka pengoperasian mobil takkan berjalan dengan baik."
 
"Rencananya saya akan mengajak serta orang bengkel Super Shop & Drive untuk melihat secara langsung. Jadi kalau benar ada masalah di sistem transmisinya, saya ingin pihak mereka bertanggung jawab."
 
Untuk saat ini, Camry milik Ade sudah bisa jalan kembali. Namun untuk memastikan kondisinya benar-benar baik, PR Manager perusahaan GPS itu bakal memastikan proses pembongkaran gearbox dilakukan. Kemudian memeriksa satu per satu komponen yang ada di dalamnya dan menaksir kerusakan yang ada.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif