Nissan timbang-timbang untuk berpisah dari Renault. Medcom.id
Nissan timbang-timbang untuk berpisah dari Renault. Medcom.id

Nissan dan Renault di Ujung Perceraian?

Otomotif industri otomotif nissan renault
Ekawan Raharja • 16 Januari 2020 06:11
Tokyo: Kabar mengejutkan hadir dari Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang kini diisukan mengalami keretakan. Beberapa media luar negeri menyebutkan bahwa hubungan Renault dan Nissan kian merenggang dan kini sedang diujung perceraian.
 
Menurut Carscoops dan beberapa media lainnya, Eksekutif Senior Nissan dilaporkan sedang mempercepat rencana untuk potensi berpisah dengan Renault. Hal ini tidak terlepas sejak kasus mantan Chairman Aliansi Aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi, Carlos Ghosn, ditangkap di Tokyo, Jepang, karena kasus laporan pendapatannya.
 
Rencana ini hadir setelah Carlos Ghosn lengser dari posisi CEO Nissan dan digantikan oleh orang lain. Sejak itu, merek asal Jepang ini mulai memikirkan sejumlah rencana untuk bisa bertahan dan kembali ke jalur yang tepat melalui memisahkan diri dari Renault.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pertimbangan itu dilakukan sebelum Ghosn meninggalkan Jepang, tapi belum ada keputusan yang dibuat," kata sumber itu.
 
Renault yang menjadi pemegang saham terbesar Nissan terus berupaya menjaga aliansi tersebut. Hanya saja kabar ini semakin kencang berhembus dan tidak dapat ditutup-tutupi, terutama setelah pemimpin mereka Carlos Ghosn tersandung masalah hukum di Jepang atas tuduhan pelanggaran keuangan.
 
Sejak Ghosn lengser, Renault dan Nissan harus berjuang secara finansial dan harga saham mereka tidak stabil hingga jatuh jika dibandingkan pemain otomotif lainnya.
 
"Hubungan antara kedua perusahaan rusak dan kemungkinan jauh dari titik perbaikan", kata analis keuangan Evercore ISI, Arndt Elling Horst.
 
Dewan aliansi Renault-Nissan rencananya akan bertemu pada 30 Januari 2020. Ada yang menyebutkan pertemuan ini membahas hubungan keduanya, sekaligus pengumuman proyek bersama.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif