Cek berkala oli transmisi biar lebih halus dan awet. Carlist
Cek berkala oli transmisi biar lebih halus dan awet. Carlist

Rutin Ganti Oli Transmisi Perhalus Perpindahan Gigi

Otomotif perawatan kendaraan tips knowledge
M. Bagus Rachmanto • 20 September 2019 13:56
Jakarta: Dalam melakukan perawatan mobil banyak pemilik yang kurang memperhatikan bagian transmisi manual. Padahal komponen yang satu ini perlu juga mendapat perawatan penggantian oli transmisi secara berkala.
 
Toha, mekanik yang praktek di bengkel Pit Stop di bilangan Jakarta Timur menerangkan, pada dasarnya cara merawat transmisi manual mobil terletak pada penggantian oli transmisi secara berkala.
 
"Biasanya mobil yang menggunakan transmisi manual, penggantian olinya setiap 10 ribu kilometer. Untuk transmisi mobil matic penggantiannya setiap kelipatan 20 ribu kilometer," bebernya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Apabila tidak ada kebocoran di bagian baut pembuangan, oli transmisi tidak akan berkurang, namun kekentalan dan kadar pelumasannya sudah tidak optimal.
 
Kadar pelumasan yang tak optimal lagi bisa jadi salah satu faktor penyebab perpindahan transmisi manual menjadi kurang halus, dan lama kelamaan menimbulkan bunyi kasar.
 
Toha menyarankan, untuk mengantisipasi kerusakan dan untuk memperpanjang usia komponen ini, sebaiknya ganti oli secara berkala tepat pada waktunya. Tentunya dengan penggunaan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan.
 
Pelumas transmisi, tentu cukup krusial lantaran berhubungan langsung dengan penggerak roda. Jika diabaikan seperti telat dalam melakukan penggantian, ini bisa membuat deposit atau limbah sistem transmisi mengganggu sistem kerjanya.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif