All New Daihatsu Terios. dok medcom
All New Daihatsu Terios. dok medcom

Industri Otomotif

PPnBM Nol Persen, APM Mobil Untung atau Rugi?

Adri Prima • 23 Maret 2021 18:30
Jakarta: Pemberlakukan kebijakan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) nol persen membuat harga kendaraan-kendaraan baru mengalami penurunan yang cukup signifikan. 
 
Pertanyaannya, apakah penurunan harga kendaraan baru akibat PPnBM nol persen ini justru membuat para Agen Pemegang Merek (APM) otomotif merugi atau malah untung?
 
Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, menjelaskan efek PPnBM 0 Persen bagi APM otomotif justru lebih menguntungkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Terhadap APM, kebijakan PPnBM nol persen tidak ada negatifnya. Biasanya kita memungut (PPnBM) dari konsumen dan kita setorkan ke pemerintah. Kalau sekarang kita nggak perlu mungut (PPnBM) dan nggak perlu nyetor juga," kata Hendrayadi saat konferensi pers virtual beberapa waktu lalu. 
 
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra mengaku khawatir Daihatsu akan kesulitan memenuhi permintaan kendaraan baru hingga Juni nanti. 
 
"Periode ini (PPnBM nol persen) sampai Juni, karena suplai yang tidak keburu, pasti itu akan inden. Kalau sekarang ini kita masih berusaha untuk memenuhi stok kita yang ada. Sekarang ini menjelang lebaran dan Mei sudah lebaran dan PPnBM masih nol persen, pasti ini akan banyak permintaan," beber Amel. 
 
PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri mengalami peningkatan angka surat pemesanan kendaraan (SPK) mobil baru terhitung sejak awal Maret 2021. Diluar model LCGC seperti Ayla dan Sigra, setidaknya ada empat model Daihatsu yang mendapatkan relaksasi PPnBM antara lain, Xenia, Terios, Granmax, dan Luxio.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif