Menjajal fitur-fitur terkini mobil mewah di kemacetan arus balik. Medcom.id/Ahmad Garuda
Menjajal fitur-fitur terkini mobil mewah di kemacetan arus balik. Medcom.id/Ahmad Garuda

Test Drive

Jajal Fitur 'Anti Capek' BMW 520i Luxury Line di Kemacetan

Otomotif mobil baru test drive bmw
Ahmad Garuda • 25 Juni 2018 09:47
Jakarta: Macet saat melakukan mudik atau menjalani arus balik, bukan hal yang asing lagi. Justru kalau tak macet, seni melakukan perjalanan mudik itu sendiri dikatakan kurang. Namun menjalani kemacetan dengan mobil yang dilengkapi sejumlah teknologi dan fitur terkini, memberikan kesenangan tersendiri.
 
Kali ini kami berkesempatan menjajal All New BMW 520i Luxury Line. Meski hanya menjalani trek Jakarta-Maribaya-Bandung, namun kemacetan ala jalur mudik sangat terasa. Bisa dibayangkan dari Maribaya ke hotel tempat kami menginap di Bandung dengan jarak 18 km saja, ditempuh dalam waktu tujuh jam.
 
Padahal pada libur lebaran tahun ini, mayoritas perjalanan mudik terbilang lancar. Hanya beberapa titik dan hari keberangkatan saja yang mengalami kemacetan. Namun di jalur yang kami pilih, memang menjadi momok bagi yang ingin liburan ke Maribaya melewati Kota Bandung.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun jika berbicara soal kemacetan dan peran teknologi terbaru dalam kabin mobil (terutama untuk segmen luxury), membuat penumpang di dalam mobil bisa menikmati suasana nyaman di mobil tersebut. Lalu teknologi apa saja yang bikin berkendara di kemacetan jadi lebih nyaman di mobil ini? Berikut ulasannya.
Jajal Fitur 'Anti Capek' BMW 520i Luxury Line di Kemacetan
Tulisan AUTO H akan muncul ketika fitur Auto Brake Hold diaktifkan tepat di bawah tuas parking brake
 
Fitur Auto Brake Hold
Pada dasarnya, sistem ini sangat berguna saat berkendara di kemacetan lalu lintas. Lantaran hanya menginjak pedal rem beberapa detik, maka rem secara otomatis bekerja, meski pedal rem dilepas. Rem non aktif dengan sendirinya ketika pedal gas ditekan. Sehingga ini akan membantu ketika mobil berada dalam kondisi kemacetan di tanjakan atau turunan.
 
Tapi fitur tersebut harusnya diberlakukan untuk kondisi stop and go dalam beberapa detik atau menit saja. Kalau kondisi kemacetannya parah dan bisa sampai 10 menit ke atas di kondisi jalan menanjak dan menurun, ada baiknya Anda menggeser tuas transmisi ke posisi parkir, lalu mengaktifkan rem parkir dan mematikan mesin untuk mengefisiensikan bahan bakar.
Jajal Fitur 'Anti Capek' BMW 520i Luxury Line di Kemacetan
Jika logo yang di lingkar merah itu padam, maka fitur ini sedang aktif
 
Fitur Auto Start Stop

Fitur ini menjadi salah satu fitur penolong dalam kondisi lalu lintas stop and go. Cara kerjanya adalah mesin akan mati jika mobil berhenti dalam beberapa detik. Tujuan fitur ini adalah efisiensi penggunaan bahan bakar. Sebagai gantinya, tenaga akan disimpan dalam baterai cadangan yang biasanya terdapat di bagian dalam dashboard. Penyimpan tenaga ini yang kemudian memberikan tenaga untuk mengoperasikan pendingin kabin dan sistem hiburan di dalam mobil.
Jajal Fitur 'Anti Capek' BMW 520i Luxury Line di Kemacetan
Voice Control dan Hand Gesture

Fitur ini sebenarnya untuk membantu menjaga konsentrasi saat berkendara. Bukan hanya pada kondisi jalan yang lengang, namun juga pada kondisi jalan padat, merayap dan kemacetan. Misalnya fitur kendali pengotrol suara, bisa digunakan untuk menampilkan fitur navigasi hingga menjawab telepon yang masuk.
 
Sementara untuk hand gesture, bisa digunakan untuk sekadar meninggikan volume suara audio atau mengganti track ke lagu selanjutnya. Bisa juga digunakan untuk menolak panggilan telepon dan menerima panggilan.
Jajal Fitur 'Anti Capek' BMW 520i Luxury Line di Kemacetan
Total jarak tempuh bahan bakar yang ada di tangki bisa terbaca
 
Pengukur Jarak Tempuh Bahan Bakar
Mungkin fitur ini terkesan berlebihan. Namun dalam kondisi kemacetan yang tak terduga lamanya, bisa jadi fitur ini sangat penting. Anda tentu tak akan membiarkan tangki bensin Anda habis, ketika berada dalam kemacetan. Jika prediksi penggunaan BBM masih jauh, mungkin akan membuat Anda tetap tenang. Namun jika kondisinya tiris dan prediksi jarak tempuh tinggal beberapa kilometer saja, rasanya Anda wajib waspada.
Jajal Fitur 'Anti Capek' BMW 520i Luxury Line di Kemacetan
Kesimpulan

Teknologi terkini dalam dunia otomotif, selain memudahkan, juga sangat membantu untuk kondisi tertentu seperti kemacetan. Terutama untuk mengurangi rasa capek dan juga bosan di saat berkendara sendirian. Terlebih fitur seperti ini hadir di jajaran line up sedan All New BMW 520i Luxury Line rakitan lokal.
 
Masih kurang? BMW pasti takkan tinggal diam untuk menghadirkan fitur-fitur terkini yang memang sesuai untuk pasar Indonesia.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif