TAYO si bus mungil menjadi armada transportasi umum di Tangerang. Medcom.id/Ekawan Raharja
TAYO si bus mungil menjadi armada transportasi umum di Tangerang. Medcom.id/Ekawan Raharja

Transportasi Umum

Tayo si Bus Mungil Ternyata Ada di Tangerang

Otomotif transportasi hino
Ekawan Raharja • 09 Maret 2020 12:57
Jakarta: Tayo the Little Bus adalah serial animasi yang cukup populer bagi anak-anak dan bahkan sebagian masyarakat di Indonesia. Ternyata usut punya usut, bus kecil ini ternyata ada di Tangerang.
 
Hino Indonesia memamerkan Tayo yang merupakan singkatan dari Bus Tangerang Ayo. TAYO dengan design Retro ini merupakan bus yang digunakan Pemerintah Kota Tangerang untuk melayani transportasi massal, Bus Rapid Trans (BRT).
 
Tayo si Bus Mungil Ternyata Ada di Tangerang
 
Tayo memiliki kapasitas sebanyak 27 tempat duduk dan dapat memuat 13 penumpang berdiri. Bus ini beroperasi di tiga koridor yaitu Poris–Jatiuwung, Poris–Cibodas, Ciledug-Tangcity. Kehadiran bus berkelir biru ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Tangerang kepada masyarakat dalam bidang pelayanan transportasi yang baik, nyaman, dan aman.
 
Design unik Retro TAYO juga dapat digunakan oleh Pemerintah daerah lainnya karena design ini sudah mendapat persetujuan dari Pemerintah Kota Tangerang untuk digunakan di daerah lain. Pemerintah Kota Tangerang berharap design unik bus ini dapat menarik perhatian dan mendorong warga untuk menggunakan transportasi publik guna mengurangi kemacetan dan polusi udara.
 
Tayo si Bus Mungil Ternyata Ada di Tangerang
Tayo menggunakan sasis Hino Bus FB 130 yang memiliki mesin yang tangguh dan kuat. Jantung pacu bus ini mengusung mesin depan W04D-TN turbo intercooler 4 silinder bertenaga 128,2 dk dan torsi 362,8 Nm dengan transmisi M550. 
 
Dilengkapi dengan double acting absorber dan stabilizer sangat nyaman bagi penumpang selama perjalanan. Terlebih dengan jarak roda lebih lebar menambah kestabilan berkendara dalam bermanuver. Jarak sumbu roda memiliki profil 3.780 mm dan panjang total sasis 7.045 mm.
 
Bus FB 130 selain untuk BRT dapat juga diaplikasikan untuk bus pariwisata, bus sekolah, dan transportasi di dalam kota. Sebagai informasi tambahan Sasis FB 130 dipasarkan dengan harga Rp372,1 juta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(UDA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif