New Suzuki mengadopsi transmisi AGS. Suzuki
New Suzuki mengadopsi transmisi AGS. Suzuki

Teknologi Otomotif

Sistem AGS Khas Suzuki, Transmisi Manual Cara Otomatis

Otomotif teknologi otomotif suzuki mobil
Ekawan Raharja • 03 September 2020 14:19
Jakarta: Suzuki memasarkan mobilnya di Indonesia dengan menggunakan sistem transmisi Auto Gear Shift (AGS), salah satunya adalah New Ignis. Meski terbilang transmisi ini sudah lama diperkenalkan, tetapi masih banyak yang belum mengenal sistem transmisi satu ini.
 
Transmisi AGS ini dasarnya adalah transmisi tipe manual namun tanpa pedal kopling. Perpindahan gear dilakukan secara otomatis yang dilakukan sistem elektronik yang terpasang di mobil.
 
Sistem AGS Khas Suzuki, Transmisi Manual Cara Otomatis

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Prinsip kerja transmisi ini menghilangkan pedal kopling karena digantikan oleh kopling hidrolik yang dikendalikan oleh Transmission Control Module (TCM) bekerja sama dengan Electronic Control Unit (ECU). Sehingga saat mode otomatis diaktifkan, sistem akan bekerja menentukan perpindahan perpindahan gigi saat dibutuhkan berdasarkan sensor yang ada di putaran mesin.
 
Mengingat geabox ini dasarnya adalah transmisi manual, maka tidak ada mode P di tuas perseneling ketika hendak parkir. Pengemudi cukup meletakan tuas persneling di mode N dan mengaktifkan rem parkir ketika sudah selesai berkendara.

Mengatasi Sendatan Ketika Pergantian Gigi di Jalan

Tim Medcom.id mencoba transmisi AGS ini dengan menggunakan New Ignis GX AGS. Bagi yang tidak terbiasa dengan model transmisi satu ini, maka akan terasa sendatan ketika ECU melakukan perpindahan gear di tengah perjalanan.
 
Sendatan ini ternyata bisa diatasi apabila sudah terbiasa dan mengetahui triknya. Caranya sederhana, pengemudi cukup menanamkan pola pikir bahwa ini adalah transmisi manual meski mobil melaju di mode transmisi D.
 
Pengendara harus mengenali karakteristik gigi di transmisi AGS. Biasanya perpindahan gigi akan dilakukan di rentang putaran mesin 2.000-2.500 rpm. Di sini biasanya ECU akan secara otomatis mengirim sinyal kepada modul untuk menaikan gigi, sehingga terasa sendatan akibat kopling hidrolik bekerja.
 
Sistem AGS Khas Suzuki, Transmisi Manual Cara Otomatis
 
Nah cara untuk menghilangkan sendatan tersebut adalah dengan cara cukup mengangkat kaki dari pedal gas. Ketika pengemudi sudah merasakan perpindahan gigi yang dilakukan modul, maka pengendara bisa mengangkat kakinya sementara dari pedal gas. Ketika sudah terjadi pergantian, kaki bisa kembali menginjak pedal gas secara perlahan.
 
Lantas bagaimana triknya ketika mode berkendara dipindah ke manual? Perpindahan gigi bisa diatur dengan cara mendorong/menarik tuas perseneling untuk disesuaikan dengan kecepatan mobil.
 
Tetap akan terasa sendatan apabila perpindahan gigi dilakukan, baik gigi naik atau turun. Cara untuk menghilangkan sendatan ini sama dengan di mode D saat berkendara.
 
Pengendara cukup mengangkat kaki dari pedal gas sementara, kemudian melakukan perpindahan gigi. Setelah itu, kaki bisa kembali menginjak pedal gas secara perlahan.
 
(UDA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif