All New Nissan Kicks e-Power. Medcom.id/Ahmad Garuda
All New Nissan Kicks e-Power. Medcom.id/Ahmad Garuda

Test Drive

Impresi Perdana Uji Kenyamanan All New Kicks e-Power

Otomotif test drive mobil listrik nissan
Ekawan Raharja • 04 September 2020 11:45
Jakarta: Hanya sehari setelah meluncurkan mobil terbarunya yaitu All new Nissan Kicks e-Power, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) cukup mantap memberikan ajang sesi impresi berkendara kepada beberapa jurnalis otomotif nasional. Termasuk kepada Medcom.id meski dengan protokol kesehatan yang sangat ketat seperti wajib lolos sesi rapid test dan menggunakan perlengkapan seperti masker dan hand sanitiser.
 
Lantaran sesi ini berlangsung hanya di sekitar parkiran Senayan, Jakarta, uji coba pun hanya bisa merasakan beberapa item. Misalnya kenyamanan dalam kabin, kesenyapan, akselerasi tenaga dari motor listriknya, hingga sedikit soal feeling di kaki-kaki.
 
"Berbeda dari sesi tes yang biasa kami lakukan, kali ini harus dilaksanakan dalam prosedur Covid-19. Tapi minimal bisa memberikan rekan-rekan jurnalis impresi yang positif terhadap cara kerja mobil ini. Terutama teknologi dan fitur-fitur yang bisa diuji coba. Meski tak semuanya bisa diuji coba, minimal teknologi yang ingin kami highlight seperti teknologi one pedal hingga kenyamanan dan cara kerja motor listriknya itu bisa dirasakan dengan baik," ujar Direktur Pemasaran PT NMI, Bagus Susanto di Plataran, Senayan - Jakarta pada Kamis (3/9/2020).

Akselerasi Mantap dan Bertenaga

Impresi Perdana Uji Kenyamanan All New Kicks e-Power

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sistem e-Power di mobil tersebut menawarkan tenaga maksimum 95 kilowatt (kW) (129 PS), torsi maksimum 260 Nm. Tenaga tersebut tersembur dari motor penggerak yang disokong baterai lithium-ion, dan menghadirkan pengalaman berkendara 100 persen kendaraan listrik.
 
Artinya penggunanya akan merasakan akselerasi cepat, halus, torsi instan, kabin senyap dan bahan bakar bensin yang efisien, memang langsung terasa. Meski mesin konvensionalnya juga sering bekerja karena tenaga yang keluar ketika pedal gas ditekan, namun masih dalam kewajaran.


Teknologi One-Pedal Operation

Impresi Perdana Uji Kenyamanan All New Kicks e-Power
 
Lantaran sudah menggunakan teknologi e-Power, tidak sah rasanya jika mereka tak menyematkan teknologi one pedal yang sudah disematkan di semua lini kendaraan berteknologi listrik dan e-Power milik Nissan. Teknologi one pedal ini memungkinkan pengemudi untuk melakukan akselerasi dan deselerasi hanya melalui 1 pedal saja.
 
Agak berbeda dengan teknologi penamaan e-Pedal yang disematkan untuk Nissan Leaf, one pedal dibuat lebih light untuk sistem deselerasi. Meski ini pun bisa disetel lebih agresif.
 
Namanya one pedal ya artinya pedal itu berfungsi sebagai pedal gas ketika ditekan, dan akan berfungsi sebagai rem ketika dilepas. Tingkat pengeremannya juga diatur mengikuti pergerakan pedal dari posisi diinjak ke posisi terlepas.
 
Pada lalu lintas kota yang macet, teknologi satu pedal ini mengurangi kebutuhan untuk berpindah dari satu pedal ke pedal lainnya, membuat berkendara menjadi lebih nyaman dan lebih menyenangkan. One-Pedal operation bahkan memungkinkan berkendara secara sporty di jalan berliku, menjadikan berkendara lebih seru dan juga lebih mudah.

Fitur-Fitur yang Bikin Penasaran

Impresi Perdana Uji Kenyamanan All New Kicks e-Power
 
Lantaran pengetesan hanya dilakukan di tempat terbatas, maka fitur-fitur seperti Forward Collision Warning, Intelligent Emergency Braking hingga Intelligent Cruise Control. Khusus untuk fitur cruise control pintar, Bagus menilai bahwa ini adalah teknologi pertama di kelasnya.
 
Cara kerjanya menurut Bagus adalah setup cruise control ini bisa beradaptasi dengan kecepatan obyek yang ada di depannya. Namun setelah obyek tersebut berpindah lajur, maka kecepatan akan kembali ke posisi yang disetel di awal. Sehingga ini akan sangat membantu pengemudi yang ingin melakukan perjalanan jauh melalui jalan bebas hambatan.
 
Hmm, jadi penasaran menjajalnya secara keseluruhan, semoga ada momen tersendiri untuk menjajal mobil ini lebih lama.
 
(ACF, FIR)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif