Mahasiswa Mercu Buana Pamer Soe Evo II dan Turangga
Universitas Mercu Buana pamer mobil ramah lingkungan Prototipe Pro - Soe Evo II dan Turangga Wiseso di Gedung Multimedia, sekolah tersebut. medcom.id/Ahmad Garuda
Jakarta: Pabrikan otomotif hingga saat ini sedang getol-getolnya melakukan pengembangan teknologi kendaraan ramah lingkungan. Sejalan dengan komitmen industri, mahasiswa di Indonesia juga getol melakukan hal itu.

Kali ini mahasiswa Fakultas Teknik, Universitas Mercu Buana Jakarta yang melakukannya. Mereka memamerkan mobil ramah lingkungan karya terbarunya yaitu Prototipe Pro - Soe Evo II yang merupakan mobil dengan sistem pembakaran murni namun sangat irit dan mobil hybrid urban bernama Turangga dengan sistem penggerak gabungan antara mesin dengan sistem motor listrik.

"Ini baru awal mula, tapi kami sangat bangga dengan hasil karya mahasiswa Fakultas Teknik di Universitas Mecu Buana ini. Mengingat mereka telah banyak membuat karya-karya terbaik yang bisa dikompetisikan tingkat nasional. Kami yakin dengan kerja keras yang dilakukan tanpa mengabaikan kegiatan akedemik mereka, hasil yang bagus akan bisa diraih," ujar Rektor Universitas Mercu Buana, Dr. Arissetyanto Nugroho saat membuka gedung fasilitas multimedia baru di sekolah tinggi tersebut pada Sabtu (10/11/2018).

Aris berharap hal ini menjadi bagian dari motivasi untuk mahasiswa lain untuk memberikan prestasi terbaiknya. Tujuannya utamanya adalah menciptakan kendaraan yang ramah terhadap lingkungan dan juga keberlangsungan lingkungan hidup yang lebih baik.


Turangga Waseso
Mobil ini merupakan mobil dengan dua jenis penggerak, yaitu mesin Honda Beat dan dikolaborasikan dengan motor listrik sehingga bisa menjadi penggerak roda. Peran mesin bakarnya terhadap penggerak roda langsung hanya terjadi dari titik diam ke kecepatan 20 km per jam saja. Di atas itu, motor listrk akan mengambil alih, sehingga penggunaan bahan bakar di mesin bakar berfungsi sebagai kompresor saja.

"Kami ingin berperan dalam teknologi menghemat bahan bakar dengan membuat mobil-mobil khusus ramah lingkungan ini. Kami memprediksi khusus untuk mobil listrik ini bisa menempuh jarak sekitar 700 km untuk 1 liter bensin. Dengan kecepatan maksimal sebesar sampai 60-70 km per jam," urai pentolan mahasiswa Fakultas Teknik yang ikut mengembangkan mobil ini yaitu Kuswandi.

Protipe Pro - Soe Evo II
Berbeda dengan Turangga, Soe Evo II diciptakan khusus untuk kompetisi yang digelar Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi pada Desember 2018 nanti. Mobil ini mengutamakan alur aerodinamisnya sehingga model yang diusung juga terlihat futuristik.

Mobil ini menggunakan mesin Honda Grand dan sistem pembakarannya dimodifikasi secara penuh oleh mahasiswa-mahasiswa itu. Bahkan mereka membuatkan jalur khusus untuk sistem pendinginan mesin berupa jalur oil cooler dan sistem starter menggunakan tekanan angin dari kompresor mini. Mobil ini, menurut Kuswandi diperkirakan mampu menempuh jarak sejauh 400 km.



(UDA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id