Jakarta: Jalanan di Indonesia memiliki beragam kontur jalan, termasuk jalanan yang menanjak untuk di daerah pegunungan. Bagi sejumlah pengemudi, jalanan menanjak menjadi momok yang cukup menakutkan karena mereka takut mobil tak kuat menanjak atau mengalami kemacetan di jalanan menanjak.
Bagi pengendara mobil-mobil modern, sekarang tidak perlu khawatir karena perjalanan di jalan menanjak bisa lebih mudah berkat adanya fitur Hill Hold Control atau Hill Start Assist. Untuk sejumlah merek seperti DFSK menggunakan nama Hill Hold Control di model Glory 580, Glory 560, dan Glory i-Auto sedangkan untuk Wuling menggunakan nama Hill Start Assist di Cortez dan Almaz.
"Kami memahami bahwasanya kendaraan-kendaraan ini akan banyak digunakan oleh konsumen untuk beragam kegiatan dan tentunya melewati berbagai kondisi jalanan. Sehingga kami mencoba menghadirkan seluruh kendaraan yang ditawarkan ini sesuai dengan kebutuhan serta meningkatkan kualitas berkendara konsumen kami selama mengendarai DFSK," ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, Kamis (10/12/2020) di Kelapa Gading Jakarta.
Secara umum, fitur Hill Hold Control ini akan sangat bermanfaat saat mobil berada di jalanan yang menanjak dan kondisi berhenti. Ketika mobil akan memulai perjalanan dengan kondisi jalanan yang menanjak, pengemudi tidak perlu takut kendaraan akan tergelincir ke belakang saat melepas pedal rem karena akan ditahan oleh fitur Hill Hold Control tersebut.
Sistem kerja ini diatur oleh Electronic Stability Control (ESC) yang akan bekerja secara otomatis dengan mendeteksi gerak roda yang berhenti di tanjakan atau kemiringan jalan pada sudut tertentu. Kemudian sistem secara otomatis akan mengaktifkan rem selama 3 detik untuk menahan kendaraan agar tidak mundur kebelakang.
Momen ini kemudian yang bisa dimanfaatkan oleh pengemudi untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa harus takut mobil akan mundur ke belakang. Fitur membuat pengemudi tidak perlu repot-repot memainkan pedal gas dan rem tangan untuk mengantisipasi kendaraan akan mundur di jalanan yang menanjak.
"Hill Hold Control merupakan fitur tambahan keselamatan aktif ketika mobil sedang dalam posisi menanjak. Fitur ini akan menahan kendaraan selama 3 detik dan pengemudi tidak perlu panik serta terburu-buru saat memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas," sambut Technical Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono.
Jakarta: Jalanan di Indonesia memiliki beragam kontur jalan, termasuk jalanan yang menanjak untuk di daerah pegunungan. Bagi sejumlah pengemudi, jalanan menanjak menjadi momok yang cukup menakutkan karena mereka takut mobil tak kuat menanjak atau mengalami kemacetan di jalanan menanjak.
Bagi pengendara mobil-mobil modern, sekarang tidak perlu khawatir karena perjalanan di jalan menanjak bisa lebih mudah berkat adanya fitur Hill Hold Control atau Hill Start Assist. Untuk sejumlah merek seperti DFSK menggunakan nama Hill Hold Control di model Glory 580, Glory 560, dan Glory i-Auto sedangkan untuk Wuling menggunakan nama Hill Start Assist di Cortez dan Almaz.
"Kami memahami bahwasanya kendaraan-kendaraan ini akan banyak digunakan oleh konsumen untuk beragam kegiatan dan tentunya melewati berbagai kondisi jalanan. Sehingga kami mencoba menghadirkan seluruh kendaraan yang ditawarkan ini sesuai dengan kebutuhan serta meningkatkan kualitas berkendara konsumen kami selama mengendarai DFSK," ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi, Kamis (10/12/2020) di Kelapa Gading Jakarta.
Secara umum, fitur Hill Hold Control ini akan sangat bermanfaat saat mobil berada di jalanan yang menanjak dan kondisi berhenti. Ketika mobil akan memulai perjalanan dengan kondisi jalanan yang menanjak, pengemudi tidak perlu takut kendaraan akan tergelincir ke belakang saat melepas pedal rem karena akan ditahan oleh fitur Hill Hold Control tersebut.
Sistem kerja ini diatur oleh Electronic Stability Control (ESC) yang akan bekerja secara otomatis dengan mendeteksi gerak roda yang berhenti di tanjakan atau kemiringan jalan pada sudut tertentu. Kemudian sistem secara otomatis akan mengaktifkan rem selama 3 detik untuk menahan kendaraan agar tidak mundur kebelakang.
Momen ini kemudian yang bisa dimanfaatkan oleh pengemudi untuk memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas tanpa harus takut mobil akan mundur ke belakang. Fitur membuat pengemudi tidak perlu repot-repot memainkan pedal gas dan rem tangan untuk mengantisipasi kendaraan akan mundur di jalanan yang menanjak.
"Hill Hold Control merupakan fitur tambahan keselamatan aktif ketika mobil sedang dalam posisi menanjak. Fitur ini akan menahan kendaraan selama 3 detik dan pengemudi tidak perlu panik serta terburu-buru saat memindahkan kaki dari pedal rem ke pedal gas," sambut Technical Manager PT Sokonindo Automobile, Sugiartono.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id(ERA)