Stuttgart: Volkswagen telah mencapai kesepakatan dengan serikat pekerja IG Metall setelah melewati serangkaian negosiasi panas dan aksi mogok. Namun, hasilnya tetap pahit bagi ribuan pekerja, karena perusahaan memutuskan untuk mengurangi lebih dari 35.000 tenaga kerja di Jerman hingga 2030 melalui program bernama Zukunft Volkswagen (Masa Depan Volkswagen).
Pengurangan ini disebut sebagai langkah pengurangan tenaga kerja yang bertanggung jawab secara sosial, yang akan menghemat biaya tenaga kerja hingga €1,5 miliar (sekitar Rp25 triliun) per tahun.
Perusahaan juga akan mengurangi kapasitas produksi di Jerman sebesar 734.000 unit untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar, dengan total penghematan diproyeksikan mencapai lebih dari €15 miliar (sekitar Rp260 triliun) per tahun dalam jangka menengah.
CEO Volkswagen Group, Oliver Blume, menyebut kesepakatan ini sebagai langkah penting untuk keberlanjutan perusahaan.
"Kesepakatan ini adalah sinyal penting untuk masa depan merek Volkswagen, Volkswagen Commercial Vehicles, dan pabrik komponen. Dengan paket kebijakan yang telah disepakati, perusahaan telah menetapkan arah yang menentukan untuk masa depan dalam hal biaya, kapasitas, dan struktur. Kami kini berada dalam posisi untuk menentukan masa depan kami dengan sukses," jelas Blume dikutip dari Carscoops.
Sebagai bagian dari restrukturisasi, sejumlah pabrik Volkswagen di Jerman akan mengalami perubahan besar:
Pabrik Wolfsburg akan memproduksi ID.3 dan Cupra Born, sementara produksi Golf dan Golf Estate akan dipindahkan ke Meksiko pada 2027. Versi elektrik Golf dan EV berbasis SSP akan mulai dibuat di Jerman menjelang akhir dekade ini.
Pabrik Emden akan terus memproduksi ID.4 dan ID.7, sedangkan pabrik Osnabrück akan menghentikan produksi T-Roc Cabrio pada pertengahan 2027. Masa depan pabrik ini masih dalam evaluasi.
Pabrik Zwickau akan memproduksi Audi Q4 e-tron dan Q4 e-tron Sportback, sementara Pabrik Transparan di Dresden akan berhenti beroperasi pada akhir tahun depan. Volkswagen tengah mengeksplorasi penggunaan lain untuk fasilitas ini.
Di Hannover, ID.Buzz dan Multivan akan tetap diproduksi, sedangkan situs komponen grup Volkswagen di Kassel, Braunschweig, Salzgitter, Hannover, Wolfsburg, dan Chemnitz akan beradaptasi dengan model waktu kerja baru.
Volkswagen menyatakan langkah ini sebagai upaya mengamankan stabilitas keuangan dan posisi terdepan dalam mobilitas berkelanjutan, sambil mempersiapkan investasi besar untuk produk masa depan hingga 2030.
Stuttgart: Volkswagen telah mencapai kesepakatan dengan
serikat pekerja IG Metall setelah melewati serangkaian negosiasi panas dan aksi mogok. Namun, hasilnya tetap pahit bagi ribuan pekerja, karena perusahaan memutuskan untuk mengurangi lebih dari 35.000 tenaga kerja di Jerman hingga 2030 melalui program bernama Zukunft Volkswagen (Masa Depan Volkswagen).
Pengurangan ini disebut sebagai langkah pengurangan tenaga kerja yang bertanggung jawab secara sosial, yang akan menghemat biaya tenaga kerja hingga €1,5 miliar (sekitar Rp25 triliun) per tahun.
Perusahaan juga akan mengurangi kapasitas produksi di Jerman sebesar 734.000 unit untuk menyesuaikan dengan permintaan pasar, dengan total penghematan diproyeksikan mencapai lebih dari €15 miliar (sekitar Rp260 triliun) per tahun dalam jangka menengah.
CEO Volkswagen Group, Oliver Blume, menyebut kesepakatan ini sebagai langkah penting untuk keberlanjutan perusahaan.
"Kesepakatan ini adalah sinyal penting untuk masa depan merek Volkswagen, Volkswagen Commercial Vehicles, dan pabrik komponen. Dengan paket kebijakan yang telah disepakati, perusahaan telah menetapkan arah yang menentukan untuk masa depan dalam hal biaya, kapasitas, dan struktur. Kami kini berada dalam posisi untuk menentukan masa depan kami dengan sukses," jelas Blume dikutip dari Carscoops.
Sebagai bagian dari restrukturisasi, sejumlah pabrik Volkswagen di Jerman akan mengalami perubahan besar:
- Pabrik Wolfsburg akan memproduksi ID.3 dan Cupra Born, sementara produksi Golf dan Golf Estate akan dipindahkan ke Meksiko pada 2027. Versi elektrik Golf dan EV berbasis SSP akan mulai dibuat di Jerman menjelang akhir dekade ini.
- Pabrik Emden akan terus memproduksi ID.4 dan ID.7, sedangkan pabrik Osnabrück akan menghentikan produksi T-Roc Cabrio pada pertengahan 2027. Masa depan pabrik ini masih dalam evaluasi.
- Pabrik Zwickau akan memproduksi Audi Q4 e-tron dan Q4 e-tron Sportback, sementara Pabrik Transparan di Dresden akan berhenti beroperasi pada akhir tahun depan. Volkswagen tengah mengeksplorasi penggunaan lain untuk fasilitas ini.
- Di Hannover, ID.Buzz dan Multivan akan tetap diproduksi, sedangkan situs komponen grup Volkswagen di Kassel, Braunschweig, Salzgitter, Hannover, Wolfsburg, dan Chemnitz akan beradaptasi dengan model waktu kerja baru.
- Volkswagen menyatakan langkah ini sebagai upaya mengamankan stabilitas keuangan dan posisi terdepan dalam mobilitas berkelanjutan, sambil mempersiapkan investasi besar untuk produk masa depan hingga 2030.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(UDA)