Salah satu bagian yang unik jadi sorotan yaitu double T-Wing yang dikembangkan oleh Williams F1 dan juga dipakai Mercedes GP. Mercedes
Salah satu bagian yang unik jadi sorotan yaitu double T-Wing yang dikembangkan oleh Williams F1 dan juga dipakai Mercedes GP. Mercedes

Teknis Mobil F1

Akal-Akalan Paket Bodi Mobil F1, Cari Solusi Performa Terbaik

Ahmad Garuda • 22 Maret 2017 10:35
medcom.id, Jakarta: Ketika regulasi baru di ajang balap Formula One (F1) mulai resmi diberlakukan tahun ini, yaitu dimensi lebih lebar, banyak sekali perubahan yang terlihat. Mulai dari solusi yang dilakukan tim untuk membuat bodi mobil bekerja untuk sistem aerodinamikanya, hingga solusi kecil untuk hal teknis.
 
Beberapa hal detail yang tertangkap analisa Assistant Technical Editor Motorsport.com, Matt Somerfield, terdapat di bagian-bagian kecil mobil. Di antaranya adalah lubang angin atau inlet di bagian hidung mobil, kemudian layout lengan ayun bagian atas yang posisinya lebih tinggi dengan tambahan extender.
 
Bagian lain yang menarik perhatian Somerfield adalah sayap kecil di pintu sidepod. Lalu ada double T-Wing unik yang dikembangkan Williams F1 serta Mercedes. Tentunya ini semua membawa efek tersendiri. Lalu apa yang disimpulkan Somerfield dengan semua komponen tersebut? mari kita lihat hasil analisanya.

Lubang angin di hidung mobil
Ada anggapan bahwa peletakkan ventilasi khusus di hidung mobil tersebut, untuk alasan menambah tekanan di bagian depan dan membuat pola aliran udara ke belakang jadi lebih baik. Tapi khusus untuk di mobil milik tim Red Bull, Somerfield mengatakan bahwa itu adalah solusi sistem pendinginan untuk kokpit mobil. Sementara ventilasi di bagian depan mobil milik tim Force India, dikatakan punya peran khusus untuk yang terintegrasi dengan S Duct
 
Layout lengan ayun baru
Model baru untuk konfigurasi suspensi bagian depan mobil F1 ini, beberapa di antaranya menggunakan extender atau penyanggah tambahan. Sehingga posisinya tak lagi mirik ke bawah, melainkan dengan posisi yang sudah lurus. Dikatakan Somerfield, bahwa konfigurasi ini bukan hanya meningkatkan kemampuan mekanikal sistem kerja suspensi, namun juga berfungsi memberikan efek ke sistem aerodinamika mobil.
 
Winglet di sidepod
Alokasi winglet di sidepod, sebenarnya sudah banyak dilakukan diajang balap F1 sejak era 2005. Tapi ternyata sisi ini bisa dimanfaatkan lagi di 2017, setelah regulasi tentang penempatan winglet diketatkan sejak 2010. Namun efeknya tetap sama, yaitu membagi aliran udara yang lebih cerdas ke luar body dan yang masuk melalui bodi.
 
Membuat double T-Wing
Double T-Wing atau sayap T ganda, menjadi solusi yang dilakukan Williams F1 untuk menciptakan drag system yang lebih baik di mobilnya. Meski dikatakan tak perannya cukup kecil, namun ternyata ada beberapa tim yang mengikuti pola ini. Termasuk Mercedes GP.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(GUS)




TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan