ilustrasi BPKB. Antara/M. Risyal Hidayat
ilustrasi BPKB. Antara/M. Risyal Hidayat

Wacana BPKB Digital, Cepat Pengurusannya & Cegah Modus Nakal

Ekawan Raharja • 27 September 2022 11:00

Bintaro: Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri menggelar rapat anev mengenai BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor) bersama Polda jajaran yang diikuti oleh 102 peserta. Ada sejumlah hal yang menjadi perhatian mereka, salah satunya adalah wacana menghadirkan BPKB digital.
 
Direktur Registrasi dan Identifikasi (Dirregident) Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus, menyebutkan sedang menyusun sebuah inovasi berupa pengembangan BPKB Elektronik. Penggunaan BPKB baru ini diharapkan lebih simple dan mudah, serta nantinya akan terintegrasi dengan single data Korlantas Polri.
 
“BPKB baru kita akan upayakan untuk tahun ini, memang kita gunakan ada teknologi chip disitu untuk bisa tahu, di dalamnya ada history kendaraan dan semua. BPKB nanti akan memudahkan masyarakat, misalnya BPKB mutasi kendaraan itu tidak lagi selamanya 1-2 bulan, cukup satu hari saja sudah bisa cepat dengan harga PNBP,” sambung Yusri.
 
Lebih lanjut Yusri menegaskan BPKB baru nantinya akan terintegrasi dengan stakeholder seperti finance, bank dan pegadaian. Sehingga keberadaan BPKB digital ini diharapkan bisa mencegah sejumlah modus nakal yang ada di tengah masyarakat.
 
“Nantinya ini akan menghilangkan modus-modus, masyarakat banyak yang nakal. Dia masih cicilan tapi dia bikin lagi duplikat BPKB dijual lagi. Ini sudah kita pikirkan bagaimana kita munculkan satu aplikasi untuk bisa berkolaborasi dengan beberapa stakeholder terkait. Ya ini kita sudah arahkan ke Single data semuanya,” pungkas Yusri.
 
BPKB merupakan sebuah buku yang dikeluarkan/diterbitkan oleh Satuan Lalu Lintas Polri sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor. Buku ini kemudian menjadi surat bukti kepemilikan kendaraan bermotor.
 
Jika kami membeli kendaraan baru, pasti akan diterbitkan STNK dan BPKB atas kendaraan. Kedua dokumen ini menjadi penting karena digunakan sebagai kelengkapan berkendara. Jika tidak memiliki salah satu atau keduanya, bisa-bisa Anda dikenakan sanksi karena dianggap kendaraan tidak terdaftar tanpa legalitas.

 


 
(ERA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif