Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater keluaran 1914. Carscoops
Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater keluaran 1914. Carscoops

Mobil Klasik

Intip Mobil Balap Klasik Peugeot L45 Grand Prix

Otomotif mobil klasik
M. Bagus Rachmanto • 10 Januari 2020 14:53
Los Angeles: Tua-tua keladi, semakin tua semakin jadi. Itulah peribahasa yang nampaknya cocok dialamatkan kepada Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater keluaran tahun 1914 ini. Kondisinya yang antik dan klasik membuat harga jualnya selangit, jauh melebihi mobil baru.
 
Ternyata ada kisah menarik di balik pembuatan prototipe ini, yang awalnya dibangun sebagai mobil balap, yang diciptakan sebagai ajang pembuktian di ajang lintasan balap oleh salah satu pabrikan asal Prancis.
 
Dilansir dari Carscoops, baru-baru ini Peugeot L45 Grand Prix itu telah terjual seharga USD7,6 juta atau sekitar Rp102 miliar, di acara lelang Bonhams Auction, di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Peugeot L45 Grand Prix Ikonik Ini, Lebih Mahal dari Supercar Baru
 
Diperkirakan, yang membuat harga Peugeot ikonik ini sangat fantastis adalah karena sejarah yang melekat dan bekas dipakai pembalap mobil asal Italia, yaitu Dario Resta, yang memenangi ajang balap Indianapolis 500 Mile Race pada tahun 1916.
 
Ada pula yang menyebutkan, jika mobil tersebut juga pernah menjadi tunggangan pembalap asal AS, Ralph Mulford, yang menempati posisi ketiga di ajang balap yang sama pada 1916.
 
Dalam pernyataan resminya, di awal 1900-an pembuat mobil Prancis mendominasi motorsport, dan pada 1913 pembalap asal Prancis, Jules Goux mengklaim kemenangannya di Indianapolis endurance race atau lomba ketahanan yang menggunakan mobil serupa.
 
Peugeot L45 Grand Prix Ikonik Ini, Lebih Mahal dari Supercar Baru
 
Selain itu, mobil ini juga dilengkapi rem drum mekanis di keempat penjuru, semi-elliptical leaf spring suspension dan as roda depan dan belakang.
 
Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater yang membawa tanda lahir chassis no.1 bersama dengan engine no.1 itu, disebut menjadi faktor utama yang membuat mobil ini memiliki harga sangat mahal.
 

(UDA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif